Nafsu makan anak ketika sakit biasanya akan menurun, karena mulut mereka akan terasa pahit setiap kali ada makanan yang masuk. Namun, setelah sembuh pun anak-anak biasanya masih sulit untuk makan, tentu saja hal tersebut akan membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir sebab anak tidak mau makan. Sedangkan kebutuhan nutrisi setelah sakit akan dapat membantunya cepat pulih, bahkan bisa jadi anak menjadi sakit kembali karena tidak mau makan.
Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengembalikan nafsu makan setelah sakit, sehingga anak Anda bisa tumbuh berkembang dengan sehat, tanggap, serta cerdas. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengembalikan nafsu makan anak setelah sakit.

Cara Mengembalikan Nafsu Makan Anak Setelah Sakit

Cara Mengembalikan Nafsu Makan Setelah Sakit

  • Sajikan Makanan Favoritnya
    Ketika anak sudah mulai sembuh dari sakitnya, biasanya mereka kehilangan keinginan untuk makan. Oleh karena itu, Anda bisa gunakan cara pertama yaitu menyajikan makanan yang jadi favoritnya. Siapkan makanan favoritnya agar anak merasa tertarik terhadap makanan dan mau mencobanya. Anda bisa sajikan sup ayam yang biasanya menjadi kesukaan banyak anak. Atau di antara waktu makan, Anda bisa memberinya camilan yang sehat sebagai pemenuh nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  • Kreasikan Makanan dengan Tampilan yang Unik
    Perlu Anda ketahui jika setelah anak sakit akan merasa bosan pada bentuk makanan yang biasa saja, hal tersebut akan membuatnya tidak nafsu untuk memakannya. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus pintar-pintar dalam menyajikan makanan untuk anak. Anda bisa menggunakan tampilan ketika Anda membuatkannya bento, dengan bentuk yang menjadi favoritnya dan lucu. Dengan begitu, akan tertarik dan ingin mencoba memakannya.
    Atau apabila Anda tidak bisa berkreasi dan tidak mempunyai waktu luang untuk membuat bento sebab Anda sudah terlalu sibuk mengurus anak Anda yang sakit. Anda bisa memesannya ke tempat yang menjual nasi bento yang sekarang ini sudah bisa ditemukan hampir di semua tempat.
  • Merangsang Nafsu Makan Pada Anak
    Tahukah Anda jika anak setelah sakit tidak bisa makan dengan lahap bahkan cenderung tidak mau makan dikarenakan mulut mereka masih terasa pahit. Selanjutnya, Anda sebagai orang tua harus memberinya rangsangan kepada anak yang tidak mau makan setelah mereka sakit. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikannya yoghurt, membuat kreasi pada makanan agar tampilannya menarik seperti bentuk mainannya.
    Atau Anda bisa memberikan camilan yang menjadi favoritnya, namun camilan yang sehat bukan yang banyak kandungan zat aditif. Selain itu, Anda bisa memberinya makan dengan porsi yang lebih sedikit namun sering. Dan tentu saja makanan favorit adalah rangsangan terbaik untuk mengembalikan nafsu makan anak Anda kembali setelah sakit.
  • Memberikan Suplemen
    Cara terakhir adalah dengan memberikannya suplemen agar nafsu makannya kembali normal seperti biasanya. Berikanlah suplemen misalnya Zinc, perlu Anda ketahui jika zinc adalah unsur yang sangat dibutuhkan oleh anak untuk nutrisi otak serta daya tahan tubuhnya. Dengan memiliki daya tahan tubuh kuat akan mendorong segala aktivitas anak seperti makan sebagai salah satu aktivitasnya. Jadi, Anda harus rajin dalam memberikan suplemen berupa zinc untuk anak Anda.
    Selain itu, apabila Anda rutin memberikan suplemen zinc pada anak, maka nafsu makan anak bisa meningkat dengan alami dan nafsu makan anak Anda menjadi bagus kembali.

Itulah beberapa cara mengembalikan nafsu makan anak setelah sakit. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan memaksanya untuk makan, cobalah bujuk dengan memberikan makanan kesukaannya atau dengan camilan favoritnya yang sehat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Anak Susah Makan

Cara Tepat Mengatasi Anak Susah Makan Agar Anak Sehat dan Gemuk

Anak tidak mau makan sama sekali Sebagai orang tua sudah pasti khawatir ketika anaknya tidak mau makan nasi atau makanan lainya., hanya ingin minum susu saja. Jangankan membuka mulut, menyentuh makan pun tidak mau. Hal Read more…

%d bloggers like this: