Olahraga selama ini memang sangat dikenal untuk menjadikan tubuh sehat dan bugar bukan? namun, dibalik anggapan tersebut faktanya olahraga juga dapat memaksimalkan kinerja pada otak. Olahraga secara tepat juga bisa membuat kecerdasan anak menjadi lebih baik dan tidak mudah pikuh. Untuk lebih jelasnya mengenai persepsi tersebut maka akan kami ulas lengkap dibawah ini terkait dengan manfaat olahraga terhadap kecerdasan otak.

Manfaat Olahraga untuk Anak

 

  • Memacu Pertumbuhan pada Otak

Bertambahnya usia pada anak memang bisa menjadikan jaringan pada otak mulai menyusut. Sementara, terbentuknya jaringan otak dan sel-sel pada otak semakin lambat. Degnan melakukan olahraga maka bisa memperlambat kematian pada sel-sel otak dalam waktu yang lama, selain itu olahraga juga dapat membantu memperpanjang usia pada otak anak.

Olahraga yang dapat dilakukan untuk anak adalah jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu berat seperti lari pagi. Sebaiknya lakukan lari pagi minimal 15 menit atau bisa juga dengan jalan-jalan santai selama 30 menit disetiap harinya. Kedua olahraga ini memang terbukti sangat baik bagi sistem kerja otak.

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Otak merupakan inti dari keseluruhan sistem yang ada pada tubuh, apabila otak Anda sehat otomatis kesehatan tubuh dan mental juga akan sehat, begitu pula sebaliknya. Otak mempunyai peran penting yang berfungsi sebagai kognitif seperti membuat fokus terhadap suatu kegiatan atau aktivitas yang dijalankan, mengatur kegiatan dan sebagainya.

Olahraga yang baik dalam membantu kecerdasan otak sebenarnya tidak hanya diperuntukkan bagi sang anak saja tapi baik remaja hingga dewasa juga memiliki peran penting yang sama. Menariknya lagi, bagi orang dewasa yang sudah berusia 50-80 tahun dan rutin melakukan olahraga maka mempunyai kemampuan otak yang jauh lebih tinggi 4 kali lipat dibandingkan mereka yang enggan untuk berolahraga.

  • Resiko Mengalami Dementia Lebih Rendah

Dementia merupakan penurunan fungsi daya ingat atau intelektual yang bisa terjadi pada setiap manusia. Dengan melakukan olahraga secara rutin maka anak tidak akan mudah pikun dan terus menanyakan segala sesuatunya “dimana” tapi seketika anak akan mengingat dengan segala sesuatu yang telah mereka lakukan.

Selain lari dan jalan santai Anda juga bisa mengjak anak untuk melakukan olahraga sepeda hanya dengan waktu 30 menit.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Menurut profesor Art Kramer selaku direktur of Institute Beckman for Advance Sains dan Teknologi dari University of illinois olahraga seperti bersepeda dan berjalan kaki secara rutin selama enam bulan hingga satu tahun dapat meningkatkan daya ingat serta kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Adapun bentuk olahraga yang dimaksud seperti aerobik yang memiliki intensitas sedang seperti bersepeda ataupun jogging selama 30 menit dan bisa dilakukan selama 5 kali dalam seminggu.

  • Menambah Kecerdasan

Suplai oksigen yang lancar tentu dapat menjadikan kondisi otak menjadi lebih lancar. Oleh karena itu, selama ini olahraga sudah sangat dikenal baik untuk memperlancar sirkulasi pada otak atau dengan kata lain “olahraga bisa meningkatkan kecerdasan otak”. Hal ini juga diungkapkan oleh dr. Sophia pada sebuah studi pada tahun 2009 yang telah dipublikasikan, beliau mengungkapkan bahwasannya terdapat hubungan langsung antara kebugaran dengan kadar IQ.Adapun olahraga yang bisa dilakukan seperti berenang, berlari atau yoga juga bisa membantu aspek kecerdasan pada anak.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang melakukan olahraga untuk membantu kecerdasan pada otak. Faktanya, selain dapat menyegarkan tubuh olahraga juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kadar inteligen otak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Cara Supaya Anak Cerdas

Buah-buahan Terbaik untuk Menambah Kecerdasan Anak

Bagi orang tua melihat anaknya tumbuh dengan sehat dan cerdas tentu sangatlah menggimbarakan. Tak heran jika akhirnya untuk mewujudkan harapan tersebut orang tua selalu memberikan makanan sehat dengan nutrisi yang lengkap. Berbicara soal makanan apakah Read more…

Cara Supaya Anak Cerdas

5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak memang belum dapat terlihat dengan jelas saat usianya masih bayi. Kendati demikian, pada dasarnya kecerdasan seorang anak dipengaruhi oelh berbagai faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksudkan disini adalah faktor genetik Read more…

Cara Supaya Anak Cerdas

Merk Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Keberadaan vitamin memang dirasa sangat penting bagi pertumbuhan anak, selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh faktanya ada beberapa merk vitamin terbaik yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan anak. Meskipun banyak orang yang menganggap sepele mengenai vitamin untuk Read more…

%d bloggers like this: