Berbagai upaya bisa dilakukan oleh orang tua agar anaknya hidup sehat dan terhindar dari penyakit. Batuk seringkali menyerang pada anak-anak. Ada banyak jenis obat yang bisa dipakai untuk mengobati batuk ini. Tetapi biasanya obat batuk yang banyak beredar di apotek terbuat dari bahan kimia yang memiliki efek samping.
Meskipun begitu, ada obat alami yang bisa mengatasi batuk pada anak. Orang tua bisa memberikan madu untuk anak jika sedang dalam kondisi batuk. Madu merupakan salah satu obat alami untuk atasi batuk pada anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat madu untuk kesahatan anak terutama jika terserang penyakit batuk.

Madu Untuk Anak Batuk

Atasi Batuk Pada Anak dengan Madu

Madu Dapat Sembuhkan Batuk
Sudah sejak lama madu digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan dalam madu berkhasiat untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh bagi manusia.
Maka, madu ini berfungsi untuk menuntaskan berbagai penyakit yang menyerang anak-anak, terutama batuk yang menyerang. Kandungan Dekstometorfan untuk menyembuhkan batuk selain terdapat di obat-obat kimia ternyata juga terdapat dalam madu.
Madu juga mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai obat batuk untuk bayi. Antioksidan itu juga terbukti ampuh untuk memerangi virus yang menyebabkan terjadinya batuk dan pilek. Obat alami ini lebih baik daripada obat-obat medis yang tersedia di toko dan apotek. Jika menggunakan madu untuk obat batuk, setidaknya tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obat komersil yang beredar.

Konsumsi Madu Aman untuk Anak
Madu memang punya banyak kandungan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk obat batuk pada anak, madu harus diberikan dengan ukuran yang pas. Namun, madu tidak disarankan jika diberikan pada anak yang masih di bawah usia 1 tahun. Karena bayi masih susah mencerna madu dengan baik, bahkan bisa menyebabkan alergi pada bayi.
Untuk lebih amannya, sebelum memberikan pengobatan madu terhadap anak sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Demi meningkatkan kekebalan tubuh, madu bisa diberikan kepada anak secara rutin setiap hari.

Cara Madu Atasi Batuk Pada Anak
Madu ini memiliki beberapa manfaat, untuk masalah batuk madu menjadi obat alami yang ampuh. Keuntungan lainnya, madu dapat merawat saluran pernapasan bagian atas. Dalam mengatasi masalah batuk, obat alami ini berguna untuk melapisi membran mukosa yang meradang.
Madu disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Sehingga lebih mudah untuk anak menerima obat batuk berupa madu. Rasanya yang manis ini mampu mengurangi dahak dengan baik sehingga batuk bisa terasa lebih reda jika meminum obat alami madu ini.

Dosis Madu untuk Obat Batuk Anak
Pemberian madu sebaiknya disesuaikan dengan kondisi fisik anak. Kebutuhan madu sesuai dengan umur anak dan ukuran tubuhnya. Karena setiap anak berbeda kebutuhannya. Agar madu dapat dengan mudah dicerna oleh si kecil, maka lebih baik madu dicampurkan dengan dengan sedikit air hangat.
Anjuran pemberian madu untuk balita sebaiknya adalah ½ sendok teh, anak di atas 5 tahun 1 sendok teh, dan untuk anak 12 tahun ke atas sebanyak 2 sendok teh.
Nah, itulah manfaat madu untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang menjangkit pada manusia. Terutama pada anak-anak yang mengalami batuk parah. Madu ini dipercaya dapat menyembuhkan atau meredakan batuk pada anak dan mengurangi sakit tenggorokan.
Orang tua bisa memberikan madu untuk anak yang mengalami batuk parah dengan takaran yang sesuai dengan anjuran untuk menghindari jika terjadi efek samping. Usaha penyembuhan dengan madu ini bisa berkhasiat jika ditangani dengan benar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Madu Anak

Olahan Makanan dengan Campuran Madu Untuk Anak

Madu untuk anak memang akan lebih baik jika dikonsumsi secara langsung, namun tidak sedikit dari anak-anak tidak menyukai tekstur madu yang manis dan kental. Tetapi jika melihat dari khasiat yang diberikan oleh madu, Anda harus Read more…

Madu Anak

Waktu yang Tepat dalam Pemberian Madu Untuk Anak

Madu untuk anak tidak boleh diberikan secara sebarangan, karena tidak boleh diberikan pada balita yang berusia di bawah satu tahun. Hal tersebut dikarenakan pada madu ternyata ada kandungan bakteri yaitu clostridium botulinium yang bisa berbahaya Read more…

Madu Anak

Manfaat Madu Untuk Anak dalam Meningkatkan Nafsu Makan

Madu untuk anak selain dapat digunakan sebagai obat penurun demam, ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Banyak orang tua yang mengaku jika telah menggunakan berbagi macam obat maupun metode untuk meningkatkan nafsu Read more…

%d bloggers like this: