Batuk pada anak di bawah 1 tahun memang sangat mengganggu, sebab tidak boleh sebarangan obat dapat diberikan orang tua. Ketika anak yang berusia di bawah 1 tahun terkena batuk, maka akan merasa tidak nyaman sehingga bayi menjadi rewel dan tidak bisa tidur. Rasa sakit pada tenggoorkannya pun menyebabkan bayi tidak dapat menelan makanan karena batuk. Bayi yang mudah terkena penyakit flu adalah yang berusia 6 sampai 9 bulan.
Apabila Anda enggan memberikan obat-obatan dari dokter, maka Anda bisa membuatnya sembuh tanpa menggunakan obat. Berikut ini adalah beberapa tips mengobati batuk pada anak yang berusia di bawah 1 tahun.

Tips Mengobati Batuk Pada Anak Usia Di Bawah 1 Tahun

tips mengobati batuk pada anak

Istirahat yang Banyak
Anda sebagai orang tua tentu akan sangat paham terhadap kondisi bayi Anda bukan? Oleh karena itu, ketika bayi Anda sudah memberikan tanda-tanda batuk dan pilek seperti adanya lendir atau ingus di hidungnya maka Anda harus membawa anak untuk istirahat di rumah. Hal ini disebabkan karena jika anak Anda dibiarkan bermain terlalu lama maka energi akan terbuang banyak. Sedangkan dalam melawan virus, bakteri atau kuman yang menyebabkan flu akan membutuhkan energi.
Usahakan agar anak Anda bisa beristirahat dengan tenang dan berikan suasana yang nyaman serta bersih.

Mengeluarkan atau Menyedot Ingus Bayi
Biasanya jika anak mengalami batuk yang disusul dengan pilek. Oleh karena itu Anda harus berusaha mengeluarkan ingus di hidung anak sebab lendir atau ingus di hidung anak Anda mengandung virus yang harus segera dibuang dan dikeluarkan. Mungkin Anda akan merasa bingung bagaimana cara mengeluarkannya sedangkan anak di bawah 1 tahun belum bisa menerima perintah. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyedotnya menggunakan mulut Anda secara perlahan.

Mandi Air Hangat
Tahukah Anda jika memandikan bayi menggunakan air hangat adalah obat batuk paling aman. Karena dengan mandi air hangat bayi akan merasa rileks yang nantinya akan membuatnya tidur dengan baik yang mana kualitas tidur yang baik dapat membantu dalam pemulihan tubuh. Anda bisa menggunakan lap yang direndam air hangat kemudian peras. Setelah itu, gosokan pada ketiak, tagan, kaki, serta pangkal paha dengan tujuan untuk menurunkan suhu badan.
Karena biasanya anak yang terkena batuk bisa disertai demam.

Meningkatkan Cairan Tubuh
Dengan memberikan cairan tambahan akan memudahkannya mengatasi batuk serta dapat mengurangi lendir pada hidung penyebab bayi sulit bernapas. Cairan tambahan tersebut adalah dengan memberikannya air putih, jus, sup ayam hangat, serta susu. Akan tetapi cairan tambahan yang bisa diberikan pada anak usia 1 sampai 6 bulan yaitu dengan cara perbanyak anak untuk minum ASI. Seperti yang Anda ketahui jika di dalam ASI terdapat banyak nutrisi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Pilih Makanan yang Meringankan Batuk
Pilihan terbaik untuk anak usia di bawah 6 bulan yang terkena batuk adalah memberikannya ASI ekstra. Sedangkan pada bayi yang akan berusia 1 tahun bisa Anda berikan makanan dengan tekstur yang lembut, misalnya yogurt, pudding, serta saus apel. Anda juga bisa memberikannya kaldu ayam yang hangat untuk melegakan tenggorokan anak Anda.

Itulah di atas tips untuk mengobati batuk pada anak yang berusia di bawah 1 tahun tanpa menggunakan obat dari dokter. Namun, apabila batuk anak Anda tidka kunjung sembuh maka bawalah ke dokter untuk memperoleh penanganan yang lebih tepat. Apalagi jika anak Anda batuk disertai dengan sesak napas, maka solusi terbaik adalah membawanya ke dokter.

Categories: Obat Batuk Untuk Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Batuk Untuk Bayi

Manfaat Temulawak Dalam Mengatasi Batuk Pada Anak

Batuk pada anak memang sangatlah mengganggu, terlebih lagi jika anak menjadi rewel dan sulit untuk tidur. Batuk pada anak jika dibiarkan begitu saja akan membuatnya bertambah parah bahkan menjadi kesulitan dalam bernapas. Oleh karena itu, Read more…

Obat Batuk Untuk Bayi

Obat Tradisional Untuk Batuk Pada Anak yang Kering

Batuk pada anak yang kering memang sangat mengganggu pikiran Anda sebagai orang tua, karena anak akan menjadi rewel dan susah untuk tidur. Seperti yang Anda ketahui jika batuk kering terjadi karena sekresi di saluran pernapasan, Read more…

Obat Batuk Untuk Bayi

Pertusis, Salah Satu Jenis Penyakit Batuk Pada Anak yang Berbahaya

Batuk pada anak ada banyak jenisnya, baik yang ringan maupun yang berbahaya. Salah satu batuk pada anak yang berbahaya adalah pertusis atau yang biasa disebut dengan batuk rejan. Anda harus hati-hati terhadap batuk rejan atau Read more…

%d bloggers like this: