Diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan perubahan feses yang menjadi lembek atau juga bisa cair. Penderita diare akan bolak-balik ke toilet sedikitnya sebanyak tiga kali dalam sehari. Rangsangan untuk terus buang air besar akan terus terjadi pada penderita diare selama feses masih memiliki air ataiu cairan feses yang berlebihan. Penderita diare akan sembuh jika feses sudah berubah seperti sedia kala. Tidak ada cairan yang berlebih dan lain sebagainya.

cara cepat mengatasi diare pada anak

Berikut beberapa obat tradisional dan makanan yang dapat membatu penyembuhan diare pada anak.
– Blue berry
Blueberry yang kering bisa digunakan untuk mengatasi diare. Namun tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat. Akar blueberry juga bermanfaat untuk cara mengatasi diare. Caranya adalah dengan merebus akar blueberry yang telah kering menggunakan air dan garam.

– Salak
Salak bisa membuat orang terkena sembelit. Kandungan rendah serat yang dimilikinya membuat salak bisa mengeraskan feses yang cair sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita diare. Jika memakan salak, penderita diare akan mengalami sembelit sehingga feses tidak akan cair kembali. Salak dengan rasa sepat adalah salak yang cocok untuk mengatasi diare.

– Kulit Jeruk
Kulit jeruk organik tanpa pestisida bisa digunakan untuk mengatasi diare. Caranya adalah dengan merebus kulit jeruk yang telah dibersihkan kemudian meminum air rebusannya. Bisa ditambahkan dengan madu jika anda mau.

– Jambu Biji
Jamu biji atau yang lebih dikenal dengan jambu klutuk bermanfaat untuk mengatasi diare. Hal itu dikarenakan rasa sepat pada jambu kluthuk bisa mengurangi jumlah cairan dalam feses penderita diare. Konsumsilah jambu klutuk yang sudah bersih. Konsumsi jambu minimal tiga kali dalam sahri.

– Sawo
Sawo muda juga bermanfaat untuk mengatasi diare. Rasa sepat pada sawo muda sama halnya dengan rasa sepat pada jambu biji dan juga salak. Cara membuat ramuan dari sawo muda adalah sebagai berikut ini:
• Bahan yang harus disiapkan adalah sawo muda sebanyak satu buah.
• Siapkan satu sendok teh garam.
• Sediakan air matang secukupnya.
Cara pembuatannya adalah :
• buah sawo tersebut dihaluskan sampai benar-benar halus
• Sawo yang telah halus dicampurkan dengan garam dan air matang secukupnya
• Aduk sampai semua bahan-bahan tercampur rata
• Minumlah air ramuan tersebut sampai diare berhenti

– Yogurt
Yogurt bisa digunakan untuk mengatasi diare. Bagi penderita diare, makanan yang dimakan dengan cepat bisa dikeluarkan kembali. Dengan mengkonsumsi yogurt, bakteri dan virus yang menyebabkan diare bisa dibunuh. Di dalam yogurt terdapat bakteri baik yang bisa membunuh bakteri jahat di dalam tubuh. Selain itu, yogurt juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi.

– Cukup Istirahat
Penderita diare akan sering bolak balik ke kamar mandi. Jika hal itu terjadi segeralah mengambil istirahat yang cukup. Istirahat bermanfaat bagi sel tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, untuk mengurangi akibat tidur larut malam jika diare terjadi malam hari

– Mengompres Dengan Air Hangat
Penderita diare akan merasakan sakit perut yang teramat sangat. Untuk menghilangkan dan meredakan sakit perut, bisa menggunakan kompresan air hangat. Sambil berbaring, kompreslah perut menggunakan air hangat.

– Kaldu Dan Garam
Cara mengatasi diare, bisa menggunakan kaldu yang dicampurkan dengan garam. Caranya adalah dengan mencampurkan air kaldu bersama dengan garam, aduk sampai rata. Sebelum meminumnya, hiruplah dalam-dalam aroma kaldu tersebut baru diminum

– Mengkonsumsi Serat
Makanan sereal yang terbuat dari tepung tapioka bisa bermanfaat untuk mengatasi diare. Tepung tapioka juga bisa diserap oleh penderita diare dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Sereal juga bisa diberikan sebagai makanan untuk anak diare.

Categories: Obat Diare Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Diare Anak

Cara Mencegah Diare Pada Anak

Diare penyakit yang sering dialami oleh banyak orang dan bahkan sebagian banyak pernah mengalami penyakit diare. Diare memang bukan merupakan penyakit yang kronis dan berbahaya tetapi jika hanya dibiarkan saja tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Read more…

Obat Diare Anak

10 Makanan Penyebab Diare Pada Anak Dan Bayi

Diare merupakan kondisi penyakit yang membuat penderitanya akan mengalami mencret keitka buang air besar. Sedangkan seseorang yang mengalami mencret dan baru bisa dikatakan mengalami diare apabila mencret tersebut terjadi minimal tiga kali dalam sehari atau Read more…

Obat Diare Anak

7 Makanan Penyembuh Diare Dan Muntah Anak

Anak mengalami diare? Ibu, jangan panik, ada banyak makanan untuk anak diare dan muntah yang dapat diberikan agar segera redah. Diare ini adalah salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Umumnya penyakit diare pada Read more…

%d bloggers like this: