Diare atau mencrat merupakan sebuah penyakit yang berpusat pada sistem saluran cerna, dapat menyebabkan kematian apabila tidak diberi perawatan sedini mungkin. Seseorang dikatakan diare bila dalam 24 jam (sehari) frekuensi BAB melebihi tiga kali dengan bentuk feses atau tinja yang cair. Balita harus mendapat penanganan medis bila terkena diare, karena pada tahun 2004 lebih dari 1,5 juta orang yang menderita diare mengalami kematian, kebanyakan adalah balita.

cara mengatasi diare pada anak

Penyebab diare cukup banyak. Konsumsi makanan pedas, asam, dan bercampur santan sekaligus secara bersamaan tidak jarang mengakibatkan diare karena usus kaget dan tidak siap menyerap semuanya, otomatis terjadi ketidak optimalan proses penyerapan cairan yang seharusnya menjadi feses normal berbentuk padat, alhasil terjadilah diare. Alkohol juga menjadi penyebab diare paling banyak, terutama di negara asing.
Gejala diare yang biasanya ditemukan adalah terus menerus melakukan buang air besar yang mana sebelumnya ataupun ketika diare selalui disertai rasa mulas berkepanjangan. Dehidrasi, mual, dan muntah juga sering terjadi. Gejala lain yang dirasakan pasien (meskipun jarang) adalah pegal di bagian punggung, dan perut mengeluarkan suara-suara.

Berikut 6 bahan alami atasi diare pada anak :

1. Buah sawo
Sawo merupakan salah satu jenis buah yang bisa digunakan sebagai obat diare yang ampuh. Dengan mengolahnya menjadi ramuan tradisional maka bisa membantu menyembuhkan diare secara alami dan cepat. Ramuan sawo terbukti ampuh menjadi obat mencret dewasa sekaligus obat diare alami untuk anak. Aturan pakai untuk anak-anak menggunakan dosis setengahnya dari orang dewasa.

2. Manggis
Obat diare tradisional paling ampuh berikutnya yaitu buah manggis. Buah manggis bisa dijadikan sebagai obat mencret dewasa dan anak-anak dengan membuatnya menjadi ramuan alami dan kemudian diminum secara teratur.

3. Daun Salam
Daun salam memiliki khasiat menyembuhkan diare paling ampuh dan cepat. Namun daun salam ini hanya dapat digunakan sebagai obat diare alami untuk anak dan dewasa yang ringan.

4. Daun Jambu Biji
Jambu biji termasuk salah satu obat diare manjur untuk dewasa dan anak-anak. Dengan membuatnya secara alami maka akan membantu penyembuhan diare yang sedang dialami secara cepat. Pada gejala diare ringan cara mengobatinya bisa dengan memakannya langsung dengan menambahkan garam secukupnya.

5. Daun Sendok
Daun sendok terdapat kandungan tanin yang memiliki efek sebagai adstrigen, adstrigen ini sangat bermanfaat untuk mengobati diare dengan cara mengecilkan selaput lender pada usus. Selain itu, ramuan daun sendok juga bisa aman dijadikan obat diare anak-anak usia 2-4 tahun.

6. Air Putih
Selain melakukan pengobatan dengan obat diare alami. Memperbanyak minum air putih juga dapat mengatasi diare, dikarenakan untuk menghindari terjadinya dehidrasi, tubuh kita akan menjadi lemas pada saat semua cairan tubuh akan keluar bersama dengan buang air besar. Meminum teh hitam tawar juga bisa menghentikan diare selain minum air putih. Asalkan jangan meminum susu, karena susu hanya akan memperburuk keadaan saja.

Itulah 6 obat diare alami yang manjur dan cukup ampuh mengobati diare jika di minum secara rutin. Perlu diingan, penyebab utama penyakit diare juga diakibatkan dari tangan yang kotor dan penuh bakteri. Maka dari itu terapkan hidup sehat pada anak dan usahakan cuci tangan sebelum makan dan setelah BAB untuk mencegah diare.

Categories: Obat Diare Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Diare Anak

Cara Mengatasi Bayi Mencret Baru Lahir

Mencret atau diare merupakan kondisi dimana tinja atau feses bayi dalam keadaan encer, dan keadaan ini berlangsung hingga lebih dari tiga kali dalam satu hari. Apabila kondisi ini berlangsung terus-menerus pada bayi akan menimbulkan dehidrasi Read more…

Obat Diare Anak

Cara Mencegah Diare Pada Anak

Diare penyakit yang sering dialami oleh banyak orang dan bahkan sebagian banyak pernah mengalami penyakit diare. Diare memang bukan merupakan penyakit yang kronis dan berbahaya tetapi jika hanya dibiarkan saja tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Read more…

Obat Diare Anak

Cara Cepat Mengatasi Diare Pada Anak

Diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan perubahan feses yang menjadi lembek atau juga bisa cair. Penderita diare akan bolak-balik ke toilet sedikitnya sebanyak tiga kali dalam sehari. Rangsangan untuk terus buang air besar akan Read more…

%d bloggers like this: