Sakit diare yang dialami oleh anak-anak terlebih pada bayi memang jangan diremehkan karena bila tidak cepat ditangani akan berdampak serius hingga bahkan dapat menyebabkan kematian.

Bayi umumnya mulai dapat terserang diare sejak umur 1 bulan. Tanda-tanda bayi terserang diare ialah BAB yang sangat encer dan banyak kali terjadi dalam satu hari dengan ampas sedikit dalam tinjanya, perut bayi juga kadang berbunyi karena banyaknya cairan dalam perutnya. Saat terserang diare pun sang bayi biasanya sangat rewel dan membuat panik para orang tua. Namun, berikut akan dijelaskan cara mengobati diare pada bayi 1 bulan yang aman serta mudah untuk dilakukan oleh para orang tua.

Apabila diare yang menyerang bayi tidak disertai mual atau muntah, tidak menimbulkan darah dalam tinjanya, serta tidak menjadikan berat badan anak menurun drastis berarti cara mengobati diare pada bayi 2 bulan dengan langkah mudah dapat dilakukan.

Cara yang jitu adalah memberikan ASI sebanyak mungkin, tetapi apabila ibu sulit mengeluarkan ASI maka dapat menggantinya dengan memberikan susu formula yang diencerkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi maupun produksi urine yang menurun pada sang bayi. Usahakan pula untuk selalu menggosok perut bayi menggunakan minyak telon agar nyeri dalam perut dapat sedikit teratasi dan bayi tidak menjadi tambah rewel.

Cara mengobati diare pada bayi 1 bulan tersebut sebaiknya langsung dipraktekan apabila mengetahui bayi anda terserang diare karena penyakit ini dapat datang sewaktu-waktu. Diare ini disebarkan oleh bakteri sehingga mudah menyerang siapa saja.

Diare juga dapat timbul karena lingkungan sekitar yang kurang higienis contohnya bakteri yang terdapat pada botol bayi yang kurang bersih sehingga masuk ke dalam perut bayi. Memang merawat bayi memerlukan perhatian khusus, sehingga para orang tua harus selalu fokus pada tumbuh kembang bayi agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat mengancam kesehatannya. Hal penting lainnya ialah selalu rutin melakukan imunisasi kepada bayi agar memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Karena daya tahan tubuh bayi yanag masih lemah sehingga mundah terserang penyakit salah satunya adalah diare. penyakit ini mungkin sudah sering terdengar ditelinga para orang tua. Hendaknya kita menjaga kebersihan dari mulai tempat tidurnya sampai mainan yang mungkin sering anak masukan kedalam mulutnya. Perlu diketahui penyakit pada bayi juga bisa disebabkan oleh ibunya sendiri yang mengkonsumsi makanan sembarangat atau tidak sehat, sehingga tertular pada bayi yang masih mengkonsumsi asi. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Diare Anak

Cara Mengobati Diare Anak 1 Tahun

Daya tahan tubuh anak yang lemah, menjadikannya mudah terserang berbagai macam penyakit salah satu diare. Diare adalah masalah yang kerap di alami oleh anak-anak. Jika diare pada anak tidak segera di atasi maka akan berdampak Read more…

Obat Diare Anak

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Diare menjadi penyebab utama kematian pada bayi dan balita pada rentang usia 1 bulan hingga di bawah lima tahun di Indonesia. Merujuk pada laporan hasil Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) yang dilakukan oleh Kemenkes tahun 2007, Read more…

Obat Diare Anak

Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Diare atau mencrat merupakan sebuah penyakit yang berpusat pada sistem saluran cerna, dapat menyebabkan kematian apabila tidak diberi perawatan sedini mungkin. Seseorang dikatakan diare bila dalam 24 jam (sehari) frekuensi BAB melebihi tiga kali dengan Read more…

%d bloggers like this: