Bukan rahasia lagi jika anak-anak sangat pemilih makanan, bahkan langsung menyingkirkan sayuran dari piring makanan. Sehingga terlihat lebih kurus dari anak-anak seusianya, ada baiknya jika ingin menggemukkan badan anak usia di atas 7 tahun dengan memberikan pemahaman, bukan memaksa untuk mengkonsumsi makanan tertentu.

Di usia beranjak anak-anak bukan lagi balita, jangan suka memaksakan untuk makan bahkan menyuapi dengan kasar. Ini akan membuat anak-anak merasa tidak dihargai, kenapa tidak mengajarkan makan sendiri dan memberikan pengertian pentingnya makan dengan jenis makanan bergizi. Misalkan, jika tidak mau makan sayur maka akan sakit dan akhirnya minum obat, anak-anak tidak suka obat karena rasanya pahit.

Pemahaman kecil semacam ini akan membuat anak-anak akan makan dengan sendirinya, sekalipun tidak suka. Memberikan pengertian akan lebih baik dan pada memaksakan, dimana anak-anak tetap akan melakukan aktivitasnya sekalipun tidak ada Anda yang mengawasi. Bagaimana cara memberikan pemahaman pentingnya makan untuk anak, ikuti tips berikut ini.

Gunakan 5 Cara Menggemukkan Badan Anak Tanpa Memaksa di Usia 7 Hingga 10 Tahun

Mengapa Makan Bergizi Itu Penting

Pernahkah Anda duduk bersama dengan anak-anak dan memberikan pengertian kenapa harus makan sesuatu yang bergizi, kenapa harus makan tepat waktu dan kenapa harus makan sendiri. Ini hal kecil namun mendasar, sehingga saat jam makan bukan lagi siksaan. Tidak akan ada drama makan yang akhirnya menjadi tangisan.

Mulai ajarkan anak untuk makan sendiri, berikan porsi sesuai kebutuhannya dan selalu mencontohkan makan yang baik. Anak-anak memang akan selalu mencontoh orang tuanya, sehingga jangan memperlihatkan hal kurang baik, karena suatu hari itu akan di contoh.

Selalu Sempatkan Makan Bersama

Bekerja memang hal penting dan harus dilakukan setiap harinya, kenapa tidak menjadikan momen sarapan dan makan malam untuk bercengkerama dengan anak-anak. Kebersamaan dengan orang tua akan membuat nafsu makan meningkat, sehingga bisa dimulai proses menggemukkan badan anak. Bahkan tanpa anak-anak sadari dengan sendirinya.

Buat Tampilan Makanan Lebih Menarik

Anak-anak pemilih kenapa tidak dibuatkan makanan yang memancing rasa penasaran, gunakan semua bahan sehat yang bisa menggemukkan badan anak. Misalkan bentuk makanan seperti bento dengan tokoh kartun atau hewan favorit anak, ini akan membuat mereka tertarik dan memakannya. Padahal bisa di isi dengan sayuran dan daging.

Selain itu, berikan peralatan makan khusus untuk anak, biasanya bergambar tokoh kartun favorit. Ini akan membuat anak-anak tertarik dan bersemangat menghabiskan makanan. Jangan buat waktu makan menjadi hal monoton, kenapa tidak bercerita atau luangkan waktu sejenak untuk menyuapi, hal kecil ini sangat berarti untuk buah hati.

Pilih Bahan Makanan yang Biasa Di Konsumsi

Membuat menu baru memang akan menyenangkan, namun jangan gunakan bahan makanan yang tidak pernah di konsumsi sebelumnya. Ini akan membuat anak-anak merasa aneh dan tidak mau makan, gunakan saja bahan makanan yang biasa namun buat menjadi menu yang berbeda.

Tidak ada salahnya memilih bahan makanan kesukaan anak-anak selama masih sehat dan seimbangkan dengan sayur serta buah-buahan, anak-anak akan cenderung suka dengan lauk pauk, tetapi harus tahu batasan berapa banyak yang di konsumsi nantinya.

Berikan Suplemen Tambahan

Jika sudah memberikan makanan sehat dan mengikuti pola makan seimbang namun badan anak masih terlihat kecil dan cenderung kurus, bisa menambahkan suplemen makanan. Gunakan sesuai saran dokter dan dibutuhkan olah anak, dimana dalam masa pertumbuhan apalagi sudah masuk sekolah, anak-anak yang banyak berpikir dan aktivitas memang cenderung tidak bisa gemuk.

Masih ada banyak cara untuk menggemukkan badan anak tanpa bahan tambahan yang tidak ramah dan membuat anak-anak menangis, gunakan bahan makanan alami saja. Memang cenderung lama, namun ini tidak hanya bisa meningkatkan berat badan tetapi menjaga anak agar tidak mudah sakit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Gemuk Anak

Pengaturan Makanan Untuk Menggemukkan Badan Anak yang Terlalu Kurus

Banyak orang tua yang merasa gagal saat tidak bisa membuat buah hatinya terlihat gemuk, padahal hal tersebut tidak perlu. Anak-anak sebaiknya memiliki tubuh ideal, sehingga tidak mudah terserang penyakit, namun bagaimana jika terlalu kurus. Orang Read more…

Obat Gemuk Anak

Tips Menggemukan Badan Anak Tanpa Susu Formula

Anak yang terlalu gemuk perlu dikhawatirkan karena tentunya tidak baik untuk kesehatan. Namun rupanya anak yang terlalu kurus juga berbahaya. Karena itulah Ibu biasanya membawa bayi kita untuk ditimbang berat badannya. Dan saat mendapati berat Read more…

Obat Gemuk Anak

Tips dan Kriteria Memilih Obat Yang Sesuai Untuk Menggemukan Badan Anak

Untuk membuat berat badan anak naik memang bisa menggunakan obat-obat yang kimia atau tradisional. Akan tetapi masih banyak orang yang bingung untuk memilih obat yang sesuai dengan anak Anda, tentu anda ingin yang terbaik bagi Read more…

%d bloggers like this: