Menambah berat badan anak memang agak susah. Bahkan terkadang di beberapa kasus terdapat ada anak yang susah sekali untuk mengemukan badan. Padahal setiap orang tua pasti berharap anaknya dapat tumbuh dan berkembang secara normal. Badannya sehat, cerdas, dan tentunya bertambah bobot badannya setiap bulan.
Namun bagaimana bila anak tidak mengalami kenaikan berat badan? Walaupun sudah makan banyak, tubuhnya masih tetap kurus?

 Faktor-Faktor Yang Menjadi Alasan Susahnya Menggemukan Badan Anak

Faktor Penyebab Anak Menjadi Susah Gemuk

  • Genetik
    Kadangkala Anda sudah memberikan makan si anak dengan porsi sangat banyak,bahkan gizi-gizinya pun juga tercukupi. Tetapi sayangnya badan anak tetap kurus dan sulit untuk menggemukan badan anak. Jika dalam satu keluarga memiliki tubuh kurus, maka kondisi ini bisa diturunkan kepada anak cucu.
  • Anak pemilih terhadap makanan
    Faktor yang kedua ini seringkali terjadi dan dialami oleh banyak orang tua. Dimana anak cenderung pemilih terhadap makanan. Anak dengan karakter demikian biasanya sangat rewel dan susah diajak makan. Maunya makan yang enak saja. Menolak untuk diberikan sayuran, bubur, atau sebagainya. Orang tua harus kreatif dalam memasak.
  • Kekurangan kalori
    Sebagian besar kalori dihasilkan dari karbohidrat, protein dan lemak. Sebagai informasi, anak balita (1-5 tahun) membutuhkan kalori sekitar 1000-1400 kalori/harinya. Anak yang berusia 6-9 tahun memerlukan 1700-1900 kalori/hari. Anak usia 10-12 tahun sekitar 2000-2400 kalori/hari.
    Kebutuhan kalori ini juga disesuaikan dengan berat badan dan aktivitas dari anak tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan asupan serat, vitamin dan mineral.
  • Pola makan tidak teratur
    Perhatikanlah jadwal makan si anak dengan benar-benar. Terutama untuk sarapan. Banyak sekali orang tua yang membiarkan anaknya pergi sekolah tanpa sarapan terlebih dahulu. Padahal makan pagi sangat penting untuk proses metabolisme. Bila anak tidak makan, maka lemak dalam tubuhnya-lah yang akan diolah menjadi energi.
  • Gangguan saluran pencernaan
    Kondisi ini seperti ini dialami anak balita, dimana organ pencernaan mereka memang belum terlalu matang. Sehingga terjadilah hipersensitif. Yang perlu Anda lakukan bila hal ini terjadi adalah mencoba untuk tenang. Pencernaan akan normal seiring bertambahnya usia.
  • Hipermetabolisme
    Anak-anak dapat mengindap gangguan hyper metabolisme yaitu merupakan keadaan dimana proses metabolisme dapat berlangsung lebih cepat dari kondisi normalnya. Sari-sari makanan yang terserap cenderung lebih sedikit dan anak akan cepat merasa lapar. Segera berkonsultasi dengan dokter.
  • TBC (Tuberculosis)
    Seseorang yang menderita penyakit TBC (Tuberculosis) biasanya memiliki bobot badan yang sangat kurus. Anak-anak dapat terjangkit penyakit gangguan paru-paru ini. Penyakit ini juga bisa menular lewat air liur. Oleh karena itu tempat dimana ia biasa bermain, Anda wajib menjaga kebersihannya.
  • Infeksi saluran kemih
    Akibat tidak bersih membersihkan dubur, bakteri Escherichia coli akan masuk ke dalam saluran uretra, hingga menuju kandung kemih dan ginjal sehingga menyebabkan si anak menjadi sakit setiap kali buang air kecil. Berat badan pada anak juga sangat sulit untuk naik dan beresiko mengalami batu ginjal. Dengan gejala seperti demam, mual, urinenya keruh dan beraroma tidak sedap.
  • Cacingan
    Cacing yang berada di dalam tubuh akan menghisap nutrisi makanan yang kita makan, sehingga mengakibatkan susah menggemukan badan anak. Biasanya seorang anak yang cacingan menunjukkan ciri-ciri tertentu, yakni badannya kurus, perut buncit, bila BAB terasa gatal, keluar cacing diantara tinja (paling umum cacing kremi), sering batuk dan wajahnya terlihat lesu. Penyebab utama dari cacingan adalah kurangnya menjaga kebersihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Gemuk Anak

Pengaturan Makanan Untuk Menggemukkan Badan Anak yang Terlalu Kurus

Banyak orang tua yang merasa gagal saat tidak bisa membuat buah hatinya terlihat gemuk, padahal hal tersebut tidak perlu. Anak-anak sebaiknya memiliki tubuh ideal, sehingga tidak mudah terserang penyakit, namun bagaimana jika terlalu kurus. Orang Read more…

Obat Gemuk Anak

Tips Menggemukan Badan Anak Tanpa Susu Formula

Anak yang terlalu gemuk perlu dikhawatirkan karena tentunya tidak baik untuk kesehatan. Namun rupanya anak yang terlalu kurus juga berbahaya. Karena itulah Ibu biasanya membawa bayi kita untuk ditimbang berat badannya. Dan saat mendapati berat Read more…

Obat Gemuk Anak

Tips dan Kriteria Memilih Obat Yang Sesuai Untuk Menggemukan Badan Anak

Untuk membuat berat badan anak naik memang bisa menggunakan obat-obat yang kimia atau tradisional. Akan tetapi masih banyak orang yang bingung untuk memilih obat yang sesuai dengan anak Anda, tentu anda ingin yang terbaik bagi Read more…

%d bloggers like this: