Anda harus memastikan anak memiliki pola makan sehat agar anak sehat dan kuat. Tugas penting Anda yaitu memastikan anak-anak mengonsumsi gizi seimbang setiap hari. Memang, ada jenis makanan yang bisa membuat berat badan naik. Sesuai saran Victoria Djajadi, M.NutriDiet., untuk menjaga tumbuh kembang dan kesehatan anak, pilihannya adalah makanan dengan kalori baik.
Tetapi, jangan lupa Anda perlu memerhatikan hal-hal lain di luar makanan sehatnya saja untuk menunjang pertumbuhannya. Seperti disarankan dr. Rini, aktivitas fisik yang disertai waktu istirahat yang cukup akan tetap menjaga tubuhnya, sehingga diharapkan anak memiliki status gizi baik.

2 Hal yang Hindari dalam Menggemukan Badan Anak

Suplemen penambah nafsu makan
Salah satu jalan pintas yang dipilih banyak Anda untuk membuat anak mereka bertambah berat badan adalah dengan memberikan suplemen vitamin atau penambah nafsu makan. Menurut dr. Rini, pemberian suplemen vitamin bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan vitamin, tetapi tidak meningkatkan nafsu makan anak. Jadi hanya boleh diberikan sesuai aturan yang berlaku.

Susah Gemukkan Badan Anak

“Suplemen multivitamin akan memberikan pengaruh, jika anak mengalami defisiensi vitamin/mineral yang kita tidak ketahui. Multivitamin, akan meningkatkan kerja metabolisme dan memperbaiki yang defisit. Namun, untuk jangka pendek, pemenuhan vitamin dan mineral sebaiknya dari makanan utuh. Kalau makannya sudah baik, sudah beragam, dengan jam makan teratur, maka tidak diperlukan suplemen,” kata Victoria.

Stop memaksanya makan banyak!
Banyak orang tua yang merasa khawatir anak mereka kekurusan dan ‘kekurangan makan’, demi menggemukan badan anak, orang tua kerap memaksa mereka makan banyak, bahkan saat mereka menolak. Ketika anak-anak sudah kenyang, tetap saja suap demi suap nasi dipaksakan masuk. Jika itu Anda lakukan, maka hentikan.
Menurut Victoria, pemaksaan tersebut bisa merusak hubungan anak-anak dengan makanan. Mereka jadi tidak percaya diri dengan kemampuan mereka memilih dan menentukan porsi dan jam makan.
“Reaksinya nanti antara 2. Anak jadi rebellious dalam memilih makanan. Biasanya anak jadi memilih makanan yang tidak sehat karena sudah muak dipaksa makan yang menurut orang tuanya sehat. Atau, ia jadi penakut dan pemilih (picky eater),” kata Victoria.

Jika tidak ada kondisi medis yang menyebabkan anak kurus, secara fisik ia sehat dan tidak terdapat gangguan apa pun, dan Anda pun yakin ada faktor genetis pula, maka tidak ada gunanya memaksa anak makan banyak-banyak, apa lagi mencekokinya dengan berbagai suplemen. Lebih baik ajari anak memahami kebutuhannya untuk makan sehat agar tubuhnya tumbuh dengan maksimal.
Daripada memaksanya makan untuk menaikkan berat badan anak, biarkan ia belajar memahami tubuhnya dan sinyal lapar. Tentu, Anda perlu menolongnya dengan membuat jadwal makan, beri jarak 2-3 jam antar makan dan camilan, agar ada waktu untuk pencernaan dan anak bisa merasa lapar. Jika anak tidak mau makan pada saatnya, tidak pula harus dipaksa dan dimarahi. Seperti Anda, ada kalanya Anda tidak merasa lapar atau ingin makan, bukan?

Yang penting, si kecil tahu, ia bisa makan di jam makan berikutnya, dan Anda selalu menyediakan menu dan camilan sehat. Bahkan, Anda bisa membuat jadwal makan berdasarkan kebiasaan anak lapar, yang mungkin berbeda dari jadwal yang Anda buat untuk menggemukan badan anak. Victoria tidak menyarankan cara makan grazing, yakni makan tanpa jadwal yang jelas sepanjang hari, atau makan sepanjang waktu tanpa disadari.

Categories: Obat Gemuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Gemuk Anak

Pengaturan Makanan Untuk Menggemukkan Badan Anak yang Terlalu Kurus

Banyak orang tua yang merasa gagal saat tidak bisa membuat buah hatinya terlihat gemuk, padahal hal tersebut tidak perlu. Anak-anak sebaiknya memiliki tubuh ideal, sehingga tidak mudah terserang penyakit, namun bagaimana jika terlalu kurus. Orang Read more…

Obat Gemuk Anak

Tips Menggemukan Badan Anak Tanpa Susu Formula

Anak yang terlalu gemuk perlu dikhawatirkan karena tentunya tidak baik untuk kesehatan. Namun rupanya anak yang terlalu kurus juga berbahaya. Karena itulah Ibu biasanya membawa bayi kita untuk ditimbang berat badannya. Dan saat mendapati berat Read more…

Obat Gemuk Anak

Tips dan Kriteria Memilih Obat Yang Sesuai Untuk Menggemukan Badan Anak

Untuk membuat berat badan anak naik memang bisa menggunakan obat-obat yang kimia atau tradisional. Akan tetapi masih banyak orang yang bingung untuk memilih obat yang sesuai dengan anak Anda, tentu anda ingin yang terbaik bagi Read more…

%d bloggers like this: