Masa usia bayi dan anak merupakan usia yang rentan terkena penyakit, termasuk muntah dan terkena serangan batuk hingga menyebabkan muntah. Muntah adalah hal yang umum terjadi pada anak, baik itu di sebabkan oleh tersedak benda asing atau makanan, mual saat bepergian atau gejala dari berbagai penyait baik yang biasa dan serius. Kondisi dimana adanya makanan yang telah berada di dalam lambung yang tiba-tiba naik ke tenggorokan hingga keluar secara paksa maupun refleks di mulu. Muntah pada anak bisa terjadi kapan saja, misalnya saja saat makan, saat berpergian maupun saat tidur, atau bahakan ketika batuk dan terjadi muntah.Kali ini kami akan membahas mutah akibat batuk ketika tidur pada anak.

5 Penyebab Anak Batuk Muntah Saat Tidur

1. Alergi Makanan

Gejala batuk kronik berulang pada anak secara umum memang di sebabkan oleh adanya batuk alergi, baik oleh alergi makanan atau alergi lainnya. Sebaiknya anda memperhatikan makanan apa saja yang anak anda konsumsi sebelum tidur yang paling sering dan paling besar berisiko menyebabkan gejala batuk bahkan menyebabkan anak menjadi muntah. Batuk karena alergi makanan pada anak ini biasanya di sertai dengan gejala berupa timbulnya ruam pada kulit, wajah anak terlihat agak bengkak dan adanya rasa gatal-gatal. Penyebab reaksi batuk alergi makan bisa berupa ikan, susu sapi dan sejenis kacang-kacangan.

2. Keracunan

Penyaba selanjutnya kemungkinan anak terkena serangan racun atau keracunan bisa juga menyebabkan reaksi batuk dan muntah pada saat tidur pada anak. Proses keracunan pada anak sendiri bisa di sebabkan oleh paparan bahan kimia tertentu, minum susu yang basi dan konsumsi obat-obatan tertentu. Bahkan di kondisi yang lebih parah pada mulut anak juga akan mengeluarkan sedikit busa selain gejala batuk, muntah maupun diare.

3. Alergi

Seperti halnya alergi makanan, alergi lain seperti debu maupun cuaca dingin bisa menimbulkan refleks batuk hingga muntah pada saat tidur bagi sang anak. Batuk alergi pada anak ini merupakan gejala umum yang menyebabkan anak batuk muntah saat tidur. Biasanya selain gejala batuk satat tidur, kondisi ini di tandai adanya ruam gatal pada kulit, gejala flu dan mata serta hidung yang gatal dan berair.

4. Tuberkulosis

Ini merupakan penyakit akibat serangan infeksi virus yang lazim di temukan di berbagai negara berkembang termasuk Indonesia. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh apasaja termasuk paru-paru. Pada anak gejala batuk alergi dengan gejala batuk TBC memang agak mirip. TBC merupakan salah satu penyakit yang sering menyebabkan adanya gejala penyebab batuk tak kunjung sembuh pada anak. Biasanya disertai dengan gejala penurunan nafsu makan, badan anak kian kurus dan gejala flu yang sangat lama.

5. Infeksi Saluran Pernafasan

Pada anak yang memiliki sistem imun yang lemah akan lebih sering dan rentan terkena serangan ini. Bahkan pada bayi yang masih di bawah 6 bulan akan mendapatkan resiko terkena serangan infeksi saluran pernafasan lebih besar daripada anak dan bayi yang berumur 6 bulan keatas. Biasanya anak yang terkena penyakit ini adalah yang sering tepapar langsung dengan asap rokok, lahir dengan kondisi janin prematur dan tidak mendapatkan asupan ASI. Biasanya infeksi akan merangsang terjadinya muntah dan batuk serta gejala lain seperti demam dan berkurangnya nafsu makan.

Cara Mengatasi Anak Batuk dan Muntah

Minum Air Putih
Menjaga agar tubuh anak mendapatkan cairan yang cukup adalah upaya dasar dalam menagani batuk dan merupakan penanganan efektif di rumah. Untuk mencegah dan mengatasi gejala batuk dan disertai dengan adanya gatal di tenggorokan dengan mengatasi dehidrasi yaitu: meminum teh hangat, mengkonsumsi ari rebusan jahe dan air perasan jeruk nipis maupun lemon dengan madu.
Gunakan Pelembab Udara
Anda harus tau bahwa udara kering rentan menimbulkan refleks batuk, maka pada anak yang telah terserang refleks anak batuk muntah saat tidur, sebaiknya anda melakukan antisipasi dengan menggunakan pelembab udara bahkan penyaring udara kotor.
Mandi Dengan Air Hangat
Selain memanfaatkan terapi uap hanya dengan menghirup aroma uap hangat tersebut, anda bisa langsung memandikan anak anda menggunakan air hangat. Ini akan melancarkan sistem aliran darah dan juga memberikan rasa lega di tenggorokan dan daerah perut hingga anda tidak akan menemukan reaksi mual mauupun batuk pada anak tersebut.
Jaga dan Hindai Terkena Pewangi Ruangan
Adanya arema yang di timbulkan oleh bebagai jenis pewangi ruangan akan memicu terbentuknya lendir yang berlebihan hingga menyebabkan batuk, dan aroma tersebut bisa meningkatkan tingkat polusi yang berdampak sangat buruk pada salura pernafasan
Konsumsi Buah-buahan Yang Bisa Meredakan dan Mengatasi batuk
Selain beberapa ramuan tradisional tersebut, ternyata ada beberapa dan sebagian buah-buahan yang baik untuk pengobatan batuk. Karena selain penyembuh batuk mengkonsumsi buah akan sangat baik bagi perkembangan anak anda di karenakan kandungan dari asam folat, fosfor, mineral dan vitamin lainnya yang menjadi sumber nutrisi bagi tumbuh kembangnya.

Categories: Obat Mual Muntah Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Mual Muntah Anak

Mengatasi Mual dan Muntah pada Anak Dan Balita dengan Tepat

Muntah merupakan suatu masalah yang dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak kecil. Bahkan, muntah yang terjadi sesekali pada si kecil merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, muntah yang banyak, sering dan Read more…

Obat Mual Muntah Anak

Ciri Ciri Anak Masuk Angin Dan Menyebabkan Muntah

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang-orang namun banyak yang belum mengetahui tentang ciri-ciri dari penyakit itu sendiri. Masuk angin lazimnya banyak dikeluhkan orangtua sepulang dari bepergian atau ketika anak banyak Read more…

Obat Mual Muntah Anak

Cara Mengatasi Anak Muntah Setelah Minum Susu

Khasus bayi muntah memang cukup sering terjadi. Beberapa ada yang mengalami muntah dengan frekuensi jarang. Namun yang memprihatinkan, apalagi bayi yang terus-menerus muntah setiap kali mengonsumsi susu formula. Sebenarnya apa sih penyebab bayi muntah setelah Read more…

%d bloggers like this: