Panas demam anak seringkali membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir, terutama bagi mereka yang baru saja menjadi orang tua. Bagaimana tidak? Mendapati anak yang semula baik-baik saja kemudian badannya berubah menjadi demam dan rewel tentunya mengagetkan. Perlu Anda ketahui jika demam adalah kondisi di mana tubuh sedang melakukan pembiasaan diri terhadap lingkungannya atau terjadi karena tubuh sedang melawan penyakit di dalam tubuh.

Karena tubuh manusia bisa dengan otomatis memberikan pertahana untuk melawan penyakit yang berusaha menyerang tubuhnya dan indikasinya yaitu demam ini. Kondisi panas demam biasanya akan meningkat ketika malam hari. Hal ini akan membuat anak susah untuk tidur dan akhirnya menjadi rewel.

Karena hal tersebut biasanya orang tua langsung memberikan obat penurun panas atau membawanya ke dokter karena terlalu khawatir. Selain dengan obat penurun panas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar panas anak bisa cepat turun.

Cara Menurunkan Panas dan Demam Anak Termudah

Buat Suasana Kamar yang Nyaman

Apabila Anda mendapati anak demam, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat kamarnya senyaman mungkin untuk ditempati. Caranya Anda bisa menyalakan pendingin ruangan atau membuka jendela kamar anak apabila suhu di kamarnya cukup panas. Dengan seperti itu maka suhu bisa menjadi sedikit sejuk serta ada sirkulasi udara menjadi lebih lancar di dalam kamar anak.

Namun, yang harus Anda perhatikan adalah jangan buat suhu terlalu dingin di kamar anak yang sedang demam, sebab apabila suhu kamar menjadi dingin akan membuat anak Anda menggigil karena kedinginan.

Kenakan Pakaian Tipis dan Nyaman

Cara menurunkan panas demam pada anak yang berikutnya adalah dengan memakaikan nya pakaian yang tipis. Bagi sebagian orang mungkin terasa aneh jika memberikan pakaian yang tipis sebab kondisi anak menggigil yang seharusnya menurut mereka adalah dengan memakaikan nya pakaian tebal. Pada kenyataannya cara yang mereka lakukan selama ini adalah salah, karena jika anak demam akan lebih baik diberikan pakaian yang tipis, nyaman serta lembut.

Bahkan Anda bisa mengenakan anak Anda celana pendek atau hanya menggunakan popok. Hal tersebut akan membuat lancar untuk sirkulasi udara yang terjadi di dalam tubuh anak serta Anda bisa dengan mudah untuk memantau jika terjadi suhu naik atau turun pada tubuh anak. jangan pernah Anda berpikir untuk memberikannya selimut, karena bisa membuat panas di dalam tubuh bertahan lama yang bisa berakibat pada step atau kejang-kejang.

Mandikan Anak Menggunakan Air Hangat

Bagi sebagian orang mungkin tidak akan memandikan anaknya ketika sedang demam. Karena tidak memandikan anak yang sedang demam sudah merupakan cara orang tua terdahulu yang takut anak menjadi parah jika dimandikan. Padahal pernyataan tersebut tidak benar sepenuhnya, karena ternyata memandikan anak yang sedang demam menggunakan air hangat bisa membantu menurunkan demam pada anak.

Apabila Anda masih saja takut untuk memandikan anak ketika demam, maka Anda hanya cukup menyeka badannya dengan kain pada seluruh tubuh anak menggunakan air yang hangat. Jangan pernah berpikir memandikan anak dengan air dingin karena bisa membuat panas pada tubuh anak menjadi kacau.

Berikan Anak Cukup Minum

Ketika anak demam maka akan kehilangan banyak cairan, oleh sebab itu Anda sebagai orang tua harus menjaga tubuhnya jangan sampai kehilangan banyak carian yang bisa membuatnya dehidrasi. Apabila andak Anda masih minum ASI maka berikan ASI yang banyak untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Itulah beberapa cara menurunkan panas demam anak yang termudah. Perhatikan selalu setiap perubahan pada anak, jika suhu tubuh mencapai 40 derajat lebih baik segera bawa anak ke dokter.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Penurun Panas Anak

Sederet Makanan Untuk Menurunkan Panas Demam Anak

Panas demam anak sebenarnya bukan sesuatu hal yang harus dikuatirkan. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi demam pada anak adalah sebuah gejala pada sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan kuman maupun virus di dalam tubuh anak. Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Demam Anak Yang Berulang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Demam Anak Yang Berulang Kw : panas demam anak Ketika terjadi demam pada anak seringkali orang tua panik dan terkadang gegabah dalam mengambil tindakan untuk menanganinya. Terlebih jika anak Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Demam Anak Dengan Obat Herbal

Ketika anak mengalami panas demam, banyak di antara orang tua langsung merasa panik dan cemas dengan keadaan ini. Namun ini bukan hanya membuat orang tua cemas namun juga akan membuat anak menjadi rewel. Usahakan tenang Read more…

%d bloggers like this: