Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Demam Anak Yang Berulang
Kw : panas demam anak

Ketika terjadi demam pada anak seringkali orang tua panik dan terkadang gegabah dalam mengambil tindakan untuk menanganinya. Terlebih jika anak mengalami panas demam berulang yang tak kunjung sembuh. Namun demikian, kita sebagai orang tua harus bijak dan tenang dalam menyikapinya karena tidak semua kasus panas demam anak itu berbahaya.
Beberapa kasus panas demam pada anak yang berulang disebabkan oleh penyakit serius, jika hal ini terjadi pada anak anda maka konsultasikan dengan dokter. Namun, juga ada panas demam yang disebabkan oleh penyakit sederhana.

cara mengatasi panas demam anak yang berulang

Penyakit Serius Yang Menyebabkan Panas dan Demam Anak yang Berulang

Abses Gigi
Abses gigi adalah keadaan dimana terdapat nanah pada bagian gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini biasanya terjadi pada gigi berlubang yang tidak kunjung di obati dan juga adanya retakan pada gigi yang memungkinkan adanya bakteri yang masuk dalam gigi.
Abses gigi dapat menyebabkan demam berulang jika nanah dibiat=rkan dalam waktu yang lama tanpa penanganan sehingga infeksi menyerang dan menyatu dengan aliran darah.
Ada beberapa gejala yang bisa dikenali, apabila anak mengalami demam akibat abses gigi :
• Demam beberapa hari
• Sakit gigi
• Rasa sakit pada rahang
• Pembengakakan oada wajah terutama bagian pipi
• Gigi goyang dan bau mulut

Sindrom Demam Periodik
Sindrom demam ini merupakan sindrom yang diturunkan dari orang tua yang menyebabkan demam pada anak tanpa adanya infeksi, hal ini dikarenakan adanya mutasi gen. Sindrom ini mempengaruhi setiap anak secara indiviual dan bergantung pada lokasi tempat tinggl, latar belakang etnis dan daerah tubuh yang terkena dinsrom. Untuk pengobatannya pun juga disesuaikan dengan faktor-faktor tersebut.
Beberapa gejala yang dapat dikenali jika anak mengalami sindrom demam periodik :
• Demam tinggi berulang
• Nyeri sendi
• Sakit perut
• Dada sakit
• Radang ginjal

Limfoma
Limfoma merupakan penyakit kanker yang muncul dalam sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan sistem yang menghubungkan kalejar getah bening ke seluruh tubuh. Penyakit ini dapat menyebabkan demam berulang dikarenakan kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
Kenali beberapa gejala penyakit limfoma berikut ini :
• Demam berulang
• Keringat malam
• Kalenjar getah bening membengkak
• Sakit perut
• Sering batuk dan kelelahan

Demam berulang tidak selalu serius tetapi tetap menimbulakn kekhawatiran. Panas demam anak dapat adalah reaksi melawan infeksi namun apabila demamnya tinggi maka harus segera dilakukan tindakan untuk menurunkan suhu tubuh

Langkah Mengatasi Demam

Jika anak yang biasanya sehat dan hanya menderita panas demam sederhana, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari demam berulang. Cara pertama adalah mengkompres dengan air hangat. Anda dapat mencoba untuk mengompres menggunakan handuk hangat pada dahi anak, jangan gunakan air dingin seperti yang sering kita dengar selama ini. Air hangat akan membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi lebih efektif.

Cara kedua adalah menghindari pakaian tebal. Pakaian tebal dapat menahan panas. Oleh sebab itu hindari pemakaian baju tebal, lebih baik kenakan pakaian 1 lapis sehingga panas tubuh bisa segera turun.

Langkah selanjutnya jelas adalah pemberian obat demam. Jika terjadi infeksi yang menyebabkan panas berulang maka segera berilah obat penurun panas. Banyak obat yang bisa dibeli di apotik namu jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluwarsa dan dosis yang tepat yang tertera di label.
Sembari minum obat, jangan lupa untuk meningkatkan cairan tubuh anak. Demam dapat menyebabkan tubuh anak kehilangan cairan tubuh, oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh anak dengan rutin memberikan air putih. Langkah terakhir adalah menghubungi dokter. Apabila langkah yang sudah dilakukan tidak menunjukkan perubahan diharapkan segera menghubungi dokter.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Penurun Panas Anak

Sederet Makanan Untuk Menurunkan Panas Demam Anak

Panas demam anak sebenarnya bukan sesuatu hal yang harus dikuatirkan. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi demam pada anak adalah sebuah gejala pada sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan kuman maupun virus di dalam tubuh anak. Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Demam Anak Termudah

Panas demam anak seringkali membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir, terutama bagi mereka yang baru saja menjadi orang tua. Bagaimana tidak? Mendapati anak yang semula baik-baik saja kemudian badannya berubah menjadi demam dan rewel Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Demam Anak Dengan Obat Herbal

Ketika anak mengalami panas demam, banyak di antara orang tua langsung merasa panik dan cemas dengan keadaan ini. Namun ini bukan hanya membuat orang tua cemas namun juga akan membuat anak menjadi rewel. Usahakan tenang Read more…

%d bloggers like this: