Nafsu makan anak yang menurut kerap membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir karena takut anak tidak akan menerima asupan gizi secara penuh. Terlebih lagi Anda takut jika anak akan terhambat pertumbuhan serta perkembangannya. Yang bisa menyebabkan anak susah makan ada dua yaitu faktor fisik dan faktor psikis atau psikologi. Apabila anak Anda ternyata tidak mempunyai masalah pada fisik seperti sistem pencernaan yang terganggu, maka bisa jadi karena faktor psikis.

Karena faktor psikologi misalnya anak bersama orang tua yang mengalami kondisi rumah tangga tidak baik, ketika makan suasananya tidak menyenangkan bahkan tegang, anak tidak pernah makan dengan orang tuanya, dan masih banyak lagi masalah psikologi penyebab anak tidak mau makan. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus mengembalikan nafsu makan dengan mengetahui lebih dalam letak permasalahannya.

Anda bisa membawa anak ke psikolog untuk mengetahui latarbelakang masalahnya serta cara untuk mengatasinya. Namun, sebelum Anda membawa anak ke psikolog, berikut adalah tips mengatasi nafsu makan anak yang menurun menurut psikologi.

Tips Mengatasi Nafsu Makan yang Menurun Menurut Psikologi

Terapi Bermain

Cara ini bisa Anda gunakan pada anak usia balita sampai batita. Anda bisa mengawasi dan menganalisa seperti apa pola bermain anak Anda melalui kisah-kisah yang diperlihatkan. Seperti ketika anak sedang bermain anak akan memilih karakter menjadi binatang buas dengan menerkam binatang yang lebih lemah.

Apabila hal tersebut selalu terulang, berarti menandakan anak merasa jika dirinya adalah korban dari perilaku Anda sebagai orang tua atau dari teman mereka. Melalui terapi bermain ini, Anda akan mengetahui permasalahan yang menjadikan anak sulit makan serta Anda bisa mencari jalan keluarnya.

Memperbaiki Hubungan Orang Tua dan Anak

Ketika Anda sedang bermain dengan anak Anda, maka Anda akan berlatih untuk merespons anak. Meskipun sebenarnya dengan terapi bermain ini, Anda tidak bisa membuat pola makan anak langsung menjadi baik tetapi semuanya bertahap. Sehingga Anda harus bersabar agar nafsu makan bisa kembali dan meningkat seiring berjalannya waktu dengan terapi bermain ini.

Pada anak yang sedikit lebih besar, Anda bisa melakukan terapi kognitif yaitu dengan cara membantu anak untuk mengatasi kondisi depresi atau cemas yang berlebih menggunakan cara berpikirnya.

Anda bisa memulainya dengan pendekatan yang komunikatif yaitu usahakan anak memberitahukan mengenai isi dari perasaannya sehingga anak menjadi lebih tenang dan nyaman. Lakukan komunikasi dengan anak menyesuaikan tahapan usianya.

Introspeksi Atas Sikap dan Pola Asuh Pada Anak

Anda harus merenungkan sikap Anda terhadap anak, apakah Anda ini terlalu bersikap overprotective yang dapat membuat anak menjadi cemas berlebih, marah, serta tidak nyaman yang akhirnya akan berdampak buruk pada nafsu makannya. Jika Anda merasakan hal seperti itu, maka berubahlah mulai sekarang.

Mengajarkan Perilaku Makan yang Baik

Anda bisa menyediakan berbagai macam varian makanan pada anak dengan rasa yang berbeda-beda dan jenis makanan yang berbeda. Anda bisa memberikan contoh baik dengan makan bersama di ruang makan. Ketika Anda makan bersama di meja makan, maka anak akan merasa senang dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menjadi teman yang menyenangkan sehingga hubungan Anda dan anak akan menjadi lebih erat.

cara menambah nafsu makan anak

Itulah beberapa tips mengatasi nafsu makan anak yang menurun menurut psikologi. Intinya Anda sebagai orang tua harus selalu memperhatikan pola asuh Anda terhadap anak Anda, jangan buat anak merasa tertekan yang bisa membuat nafsu makannya menjadi turun.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Penambah Nafsu Makan Anak

Cara Alami Meningkatkan Nafsu Makan Anak & Berat Badannya

Nafsu makan dari anak setiap harinya berbeda-beda dan setiap anak juga memiliki nafsu makan yang berbeda. Berat badan juga termasuk salah satu parameter untuk mengetahui pertumbuhan anak selain faktor tinggi badan. Tumbuh kembang pada anak Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Panduan Menyajikan MPASI Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Nafsu makan anak ketika usia 6 bulan biasanya belum bagus, karena mereka selama ini hanya mengenal ASI sebagai makanan utamanya saja. Saat anak memasuki 6 bulan pertama nya setelah lahir, tentu saja akan membuat Anda Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Cara Menghilangkan Kebiasaan Memilih Makanan Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Nafsu makan anak terhadap sesuatu memang sedikit sulit untuk dikendalikan atau dirubah. Seringkali, anak hanya mau makan yang itu-itu saja, misalnya hanya mau makan ayam goreng saja tanpa sayuran, makan sosis goreng saja, bahkan ada Read more…

%d bloggers like this: