Suplemen vitamin anak yang dapat kita jumpai di toko obat maupun supermarket ada berbagai jenis. Masing-masing menawarkan kelebihannya tersendiri. Ada yang mengandung DHA dan EPA, ada yang kandungan mikronutriennya paling lengkap, ada yang rasanya enak, ada yang berbentuk lucu dan ada yang harganya terjangkau.
Pertanyaan yang sering timbul di benak para orangtua adalah apakah mereka sudah memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi anak-anak mereka. Jika dirasa belum, pemberian suplemen vitamin memang terkadang dibutuhkan. Terutama dalam kondisi-kondisi tertentu. Pemberian nutrisi tambahan di masa pertumbuhan diharapkan agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.
Boleh saja kita beranggapan bahwa suplemen vitamin untuk anak sangat penting. Namun untuk lebih jelasnya, kita perlu mengupas lebih jauh apa saja yang menjadi manfaat dari pemberian suplemen vitamin untuk anak. Karena masing-masing suplemen vitamin memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Manfaat Pemberian Suplemen Vitamin Anak

Manfaat Pemberian Suplemen Vitamin Anak

  • Mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak
    Manfaat utama dalam pemberian suplemen vitamin adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Hal ini jelas, sebab seringkali orangtua menghadapi berbagai masalah makan pada anak-anaknya. Anak susah makan, hanya mau makan makanan tertentu saja atau lebih suka jajan adalah masalah yang kerap terjadi di usia kanak-kanak.
    Gangguan makan ini menyebabkan terjadinya defisiensi makro dan mikronutrien penting seperti vitamin dan mineral. Padahal keduanya sangat dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak. Solusinya adalah dengan memberikan anak suplemen vitamin, mulai dari yang berbentuk sirup, tablet minum hingga tablet hisap.
  • Meningkatkan nafsu makan
    Dalam masa pertumbuhan, wajar jika anak sesekali menjadi susah makan. Biasanya terjadi karena si kecil sedang aktif-aktifnya, sehingga ia tidak tertarik dengan makanan. Jika dibiarkan begitu saja, kesehatan anak akan menurun dan pertumbuhannya tidak optimal. Oleh sebab itu, beberapa suplemen vitamin untuk anak mengandung zat stimulan nafsu makan anak.
    Zat penambah nafsu makan yang terdapat dalam suplemen vitamin adalah lysin dan curcuma. Lysin adalah senyawa yang dibutuhkan untuk merangsang hormon yang mengatur rasa lapar. Curcuma adalah zat alami yang ditemui pada tanaman kunyit dan temulawak, fungsinya kurang lebih sama, meningkatkan nafsu makan.
  • Pertumbuhan tulang dan gigi anak
    Permasalahan pada tulang dan gigi anak juga kerap terjadi. Jika Anda ingin anak-anak tumbuh tinggi dengan optimal, maka kebutuhan akan kalsium dan vitamin D juga harus dipenuhi. Selain dari susu, kalsium dan vitamin D juga sudah banyak ditemukan dalam kandungan suplemen vitamin. Kepadatan tulang juga sangat penting karena dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang.
    Kalsium dan vitamin D juga diperlukan untuk pertumbuhan gigi anak dan menjaganya agar tetap sehat dan kuat, sehingga meminimalisir terjadinya gigi berlubang.
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Kekebalan tubuh masing-masing anak sifatnya relatif. Hal ini tak lepas dari asupan nutrisi hariannya. Suplemen vitamin untuk anak saat ini sudah banyak yang mengandung zat penting yang menjaga kekebalan tubuh, misalnya vitamin C, vitamin E dan probiotik.
  • Membantu memulihkan tubuh pasca sakit
    Suplemen vitamin anak ternyata juga sangat membantu dalam proses pemulihan tubuh sehabis sakit. Anak yang sakit memang biasanya akan susah makan dan kehilangan banyak nutrisi tubuh, solusi mudahnya adalah dengan pemberian suplemen vitamin.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari suplemen vitamin untuk anak-anak. Sekarang, Anda sudah tahu bukan, apa manfaatnya untuk tumbuh kembang anak?

Categories: Vitamin Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Vitamin Anak

Kapan Saat yang Tepat Memberikan Suplemen Vitamin Anak

Orangtua selalu bertanya-tanya, kapan saat yang tepat memberikan vitamin anak. Penting diketahui bahwasanya ada beberapa jenis suplemen makanan tambahan yang kemudian dikenal sebagai vitamin. Pemberian vitamin pada anak haruslah dengan bijak dan tidak sembarangan. Tidak Read more…

Vitamin Anak

Tips Pemberian Suplemen Vitamin Anak

Banyak orangtua yang memprioritaskan kebutuhan nutrisi anak-anak mereka di atas segala hal. Tak heran jika mereka cenderung selalu berusaha memberikan asupan nutrisi lengkap untuk anak-anak mereka. Meski begitu, terkadang masih ada yang tetap memberikan vitamin Read more…

Vitamin Anak

Macam Vitamin Anak yang Paling Dibutuhkan Setiap Hari

Dulu, kita mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna yang mana terdiri dari sumber nasi, lauk pauk, sayur, buah ditambah dengan susu. Namun sekarang kita lebih familiar dengan istilah asupan makanan bergizi lengkap dan seimbang untuk Read more…

%d bloggers like this: