Banyak orangtua yang memprioritaskan kebutuhan nutrisi anak-anak mereka di atas segala hal. Tak heran jika mereka cenderung selalu berusaha memberikan asupan nutrisi lengkap untuk anak-anak mereka. Meski begitu, terkadang masih ada yang tetap memberikan vitamin anak dalam bentuk suplemen, entah itu berupa tablet minum, sirup maupun tablet hisap.

Pemberian vitamin ini sah-sah saja mengingat masing-masing anak tentu berbeda kondisinya. Ada yang susah makan, ada yang kekurangan vitamin tertentu, ada yang sedang dalam masa penyembuhan, ada yang berat badannya kurang dan sebagainya.

vitamin anak

Namun, sebagai orangtua, pemberian suplemen vitamin perlu disikapi dengan bijak. Ada beberapa tips khusus dalam hal pemberian suplemen vitamin untuk anak.

Tips Pemberian Suplemen Vitamin

Tahu kondisi anak

Sebelum memutuskan memberikan suplemen vitamin untuk anak, orangtua wajib memastikan kondisi anaknya. Tidak semua anak membutuhkan nutrisi tambahan. Sebab, dalam beberapa kasus, kelebihan zat gizi yang tidak dibutuhkan justru akan mengganggu kesehatan.

Tahu saat yang tepat memberikannya

Perlu Anda ketahui bahwasanya pemberian suplemen vitamin tidak seharusnya setiap hari. Orangtua harus tahu saat-saat yang tepat untuk memberikan suplemen vitamin pada anaknya. Misalkan saja, sehabis anak sakit, pada masa ini pemberian vitamin mungkin saja sangat diperlukan.

Biarkan anak memilih yang ia suka

Melibatkan anak dalam pemilihan vitamin juga sah-sah saja. Tawarkan beberapa opsi vitamin yang sesuai dengan kondisinya saat itu, dengan demikian anak pun juga jadi lebih semangat untuk mengonsumsinya. Anda pun bisa jadi lebih hemat karena anak akan menghabiskan vitaminnya, tidak ada yang terbuang sia-sia.

Melihat banyajnya produk suplemen vitamin untuk anak, rasanya tidak sulit untuk memberikan opsi penawaran pada anak dan biarkan mereka memilih sendiri mana yang paling ia sukai dan buatlah ia berjanji agar ia benar-benar menghabiskannya.

Murah vs mahal

Yang mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan anak dan disukai oleh anak-anak, yang murah juga belum tentu tidak berkualitas atau kandungannya kurang lengkap. Kembali pada pilihan masing-masing orangtua, ada baiknya untuk tetap disesuaikan dengan kebutuhan anak. Setelah itu barulah memilih yang sesuai dengan budget Anda.

Tidak berlebihan dalam memberikannya

Sama halnya seperti obat, vitamin juga memiliki anjuran minum atau dosisnya masing-masing. Hal ini penting untuk meminimalisir efek samping penggunaannya. Oleh sebab itu, tetaplah berpedoman pada dosis yang disarankan. Awasi konsumsi vitamin untuk anak. Beberapa anak seringkali memakan vitaminnya melebihi dosis karena rasanya yang enak.

Perhatikan kadar gulanya

Gula bisa jadi salah satu komposisi dari suplemen vitamin untuk anak-anak. Kadarnya perlu diperhatikan sebab gula berlebih memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah gigi berlubang.

Campurkan pada makanannya

Beberapa jenis suplemen vitamin berbentuk kapsul atau serbuk dan seringkali anak akan kesulitan dalam meminumnya. Wajar jika anak jadi enggan meminumnya karena belum terbiasa, siasatnya adalah dengan mencampurkannya ke dalam makanan-makanan yang ia sukai. Namun pastikan juga bahwa suplemen vitamin tersebut tidak mengandung rasa.

Hentikan penggunaan jika terjadi reaksi alergi

Masing-masing suplemen vitamin anak mengandung bahan-bahan tertentu yang bisa saja memicu alergi pada beberapa anak. Artinya, tidak semua anak akan cocok mengonsumsi vitamin tersebut. Jika terjadi reaksi alergi atau gangguan kesehatan lain setelah minum suplemen vitamin, segera hentikan dan hubungi dokter.

Nah demikian cara tepat memberikan vitamin untuk anak berupa suplemen yang berguna untuk mengoptimalkan fungsi vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Categories: Vitamin Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Vitamin Anak

Manfaat Pemberian Suplemen Vitamin Anak

Suplemen vitamin anak yang dapat kita jumpai di toko obat maupun supermarket ada berbagai jenis. Masing-masing menawarkan kelebihannya tersendiri. Ada yang mengandung DHA dan EPA, ada yang kandungan mikronutriennya paling lengkap, ada yang rasanya enak, Read more…

Vitamin Anak

Macam Vitamin Anak yang Paling Dibutuhkan Setiap Hari

Dulu, kita mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna yang mana terdiri dari sumber nasi, lauk pauk, sayur, buah ditambah dengan susu. Namun sekarang kita lebih familiar dengan istilah asupan makanan bergizi lengkap dan seimbang untuk Read more…

Vitamin Anak

Bahaya yang Tersembunyi di Balik Suplemen Vitamin Anak

Banyak orangtua yang cenderung memberikan suplemen vitamin anak saat masih dalam masa tumbuh kembangnya. Beragam promosi digencarkan produsen suplemen vitamin untuk menarik perhatian para orangtua agar menyediakan suplemen vitamin di rumah. Hal ini bisa jadi Read more…

%d bloggers like this: