Bagi orang tua melihat anaknya tumbuh dengan sehat dan cerdas tentu sangatlah menggimbarakan. Tak heran jika akhirnya untuk mewujudkan harapan tersebut orang tua selalu memberikan makanan sehat dengan nutrisi yang lengkap. Berbicara soal makanan apakah makanan yang setiap harinya dikonsumsi untuk sang buah hati apa bisa meningkatkan kecerdasan anak? Sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa menunjang pertumbuhan otak dengan baik.

Lantas, jenis makanan yang seperti apakah itu? Tentu salah satu jenis makanan yang sangat dibutuhkan untuk membantu kecerdasan otak adalah buah-buahan. Buah selama ini memang dipercaya memiliki kandungan yang baik dalam meningkatkan kecerdasan si kecil. Untuk informasi lengkapnya akan kami ulas dibawah ini.

 

Buah-buahan Terbaik untuk Menambah Kecerdasan Anak

  • Pisang

Buah pisang tidak hanya berperan untuk membantu mengenyangkan perut saat kondisi lapar saja fatanya buah pisang juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan otak sang anak. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B6 yang ada pada buah pisang memang sangat dikenal baik untuk otak. Selain itu, buah pisang juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

  • Apel

Selama ini buah apel memang sangat terkenal dengan kandungan yang kaya akan antiosidannnya. Akan tetapi, selain itu sebenarnya apel juga memiliki zat quercetin yang sangat baik untuk melindungi otak dari berbagai efek radikal bebas. Namun, apabila Anda menginginkan manfaat terbaik dari buah apel dalam membantu kecerdasan otak sebaiknya pilih apel merah. Hal ini dikarenakan, apel merah memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan apel dengan warna lainnya.

  • Jeruk

Buah jeruk memang salah satu jenis buah yang paling banyak diminati oleh anak-anak, selain rasanya yang asam tidak sedikit dari mereka justru menganggapnya rasa jeruk sangatlah enak. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dengan flavonoid yang baik sehingga dapat meningatkan kecerdasan pada otak buah hati Anda. kandungan pada jeruk inilah yang menjadikannya sebagai antioksidan yang dinggi sehingga bisa menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel pada otak.

Cara terbaik mengkonsumsi jeruk adalah dengan memiliki kondisi jeruk yang segar. Selain dapat meningkatkan kecerdasan jeruk juga bisa membuat nafsu makan anak menjadi lahap sehingga tubuh menjadi bugar dan tetap fit. Untuk mendapatkan hasil terbaik maka orang tua bisa menambahkan susu formula secara teratur kepada anak.

  • Anggur

Anggur memang memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan beberapa jenis buah yang telah kami sebutkan diatas. Meski demikian, kandungan yang terdapat pada buah anggur memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Anggur mempunyai kandungan polifenol yang tinggi sehingga bisa berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak pada anak.

Kandungan polifenol memang bisa menutrisi otak sehingga bisa meningkatkan berbagai kreativitas, imajinasi serta kemampuan bernalar pada anak. Bagi orang tua yang sangat ingin menginginkan buah hatinya tumbuh dengan cerdas maka keberadaan buah anggur sangatlah wajib dikonsumsi oleh anak.

  • Strawberry

Pada dasarnya buah dengan belakangnya “berry” memang sangatlah baik untuk membantu kecerdasan otak salah satunya adalah buah strawberry. Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C dan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga, tidak sedikit orang yang menyebut buah strawberry sebagai antosianidin karena memang kandungan antioksidannya yang tinggi. Zat antosianidin memang sudah sangat dikenal baik dalam melindungi otak dari berbagai efek radikal bebas.

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang sangat baik dalam menambah kecerdasan otak anak. Pada dasarnya masih terdapat jenis buah lainnya seperti buah pome, alpukat dan blueberry.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Cara Supaya Anak Cerdas

Inilah Beberapa Faktor Penentu dalam Kecerdasan Anak

Setiap orangtua pasti ingin anak-anaknya tumbuh dengan sehat, aktif dan cerdas. Tidak sedikit orang yang menggambarkan kecerdasan hanya dinilai dari kecerdasan intelektual (IQ) semata. Padahal, selain faktor IQ kecerdasan seseorang juga dapat dilihat dari faktor Read more…

Cara Supaya Anak Cerdas

Manfaat Olahraga untuk Kecerdasan Anak

Olahraga selama ini memang sangat dikenal untuk menjadikan tubuh sehat dan bugar bukan? namun, dibalik anggapan tersebut faktanya olahraga juga dapat memaksimalkan kinerja pada otak. Olahraga secara tepat juga bisa membuat kecerdasan anak menjadi lebih Read more…

Cara Supaya Anak Cerdas

5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak memang belum dapat terlihat dengan jelas saat usianya masih bayi. Kendati demikian, pada dasarnya kecerdasan seorang anak dipengaruhi oelh berbagai faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksudkan disini adalah faktor genetik Read more…

%d bloggers like this: