Setiap orangtua pasti ingin anak-anaknya tumbuh dengan sehat, aktif dan cerdas. Tidak sedikit orang yang menggambarkan kecerdasan hanya dinilai dari kecerdasan intelektual (IQ) semata. Padahal, selain faktor IQ kecerdasan seseorang juga dapat dilihat dari faktor kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ).

Sebelum kita membahas lanjut mengenai beberapa faktor yang dapat menentukan kecerdasan anak, sebaiknya Anda pahami betul dari tiga macam kecerdasan tersebut. Informasinya akan kami ulas lengkap dibawah ini.

Tiga Macam Kecerdasan

1. Kecerdasan Intelektual (IQ)
Kecerdasan intelektual merupakan suatu kemampuan seseorang dalam berfikir logika, berhitung, kenyataan serta berfikir lurus (linier). Jenis kecerdasan intelektual kerap digunakan untuk mengerjakan berbagai jenis soal logika dan hitung-hitungan.

2. Kecerdasan Emosional (EQ)
Berbeda dengan IQ, EQ atau kecerdasan emosional sangat berkaitan erat sikap atau perilaku seseorang dalam membina hubungan dengan orang lain. Orang yang mempunyai kecerdasan emosional biasanya akan lebih mudah dalam bergaul, lancar dan pandai berkomunikasi, pintar meyakinkan orang lain dan elegan dalam bersikap.

3. Kecerdasan Spiritual (SQ)
Kecerdasan spiritual merupakan jenis kecerdasan yang sangat berkaitan erat dengan nilai-nilai ketuhanan. Indikator seseorang dapat dikatakan mempunyai kecerdasan spiritual yang tinggi adalah keyakinana yang ada pada dirinya terhadap tuhan, taat menjalankan ajaran agama yang diyakininya dan pindar membaca teks dari ajaran agama tersebut.

Faktor Penentu Kecerdasan Anak

Setelah kita memahami betul tiga macam kecerdasan, maka barulah Anda bisa mengetahui sebenarnya faktor apa sajakah yang menjadi faktor penentu dari kecerdasan pada anak. Adapun beberapa faktor tersebut yaitu:

1. Faktor Genetik (Keturunan)
Faktor genetik atau keturunan ini merupakan salah satu faktor internal yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan pada anak. Hal ini dikarenakan kecerdasan tersebut akan diturunkan melalui berbagai gen yang ada pada kromosom. Sebagai contoh, apabila orangtuanya cerdas sang anak cenderung memiliki logika pikir yang cerdas.
Jadi jangan kaget, jika diluar negeri terdapat bank sperma. Dimana, pendonornya terdiri dari seorang lelaki yang jenius serta mempunyai keahlian dibidang masing-masing. Tujuannya sudah pasti, bagi mereka yang megngunakan jasa bank sperma tersebut diharapkan memiliki anak yang cerdas serta ahli dibidang tertentu.

2. Faktor Nutrisi atau Gizi
Otak merupakan pusat dari kecerdasan manusia yang sangat memerlukan asupan nutrisi atau gizi dengan baik. Apabila, nutrisi pada otak terpenuhi dengan baik otomatis akan mempengaruhi perkembangan otak menjadi lebih sehat dan normal. Nutrsisi yang baik memang sangatlah diperlukan oleh sel-sel otak, khususnya bagi mereka ibu hamil, menyusui dan ketika bayi masih kecil.
Kekurangan gizi pada saat momen tersebut maka bisa mengakibatkan jumlah sel-sel pada otak menjadi berkurang. Hal ini tentu bisa mempengaruhi daya kerja pada otak. Adapun beberapa jenis nutrisi yang harus dipenuhi seperti lemak omega 3, lodin dan zat besi.

3. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Faktor lingkungan dengan rasa aman dan nyaman yang tinggi tentu bisa menjadikan pribadi anak tumbuh dengan baik, sehat dan cerdas. Berbeda, jika faktor lingkungannya sudah dipenuhi dengan rasa yang gundah, tidak nyaman hingga penuh kekerasan otomatis kemampuan berfikir anak menjadi terganggu. Selain itu, tingkat kreativitas anak juga menjadi rendah mengingat setiap hal yang ingin dilakukan anak akan merasakan takut yang berlebih.
Oleh karena itu, bagi orangtua yang sangat mendambakan anak-anaknya untuk tumbuh dengan baik, sehat dan juga pastikan terlebih dahulu apakah lingkungan keluarga Anda sudah baik dan dapat memberikan kontribusi seperti yang Anda inginkan? Tentu itu semua harus menjadi pertimbangan matang bagi orangtua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Cara Supaya Anak Cerdas

Manfaat Olahraga untuk Kecerdasan Anak

Olahraga selama ini memang sangat dikenal untuk menjadikan tubuh sehat dan bugar bukan? namun, dibalik anggapan tersebut faktanya olahraga juga dapat memaksimalkan kinerja pada otak. Olahraga secara tepat juga bisa membuat kecerdasan anak menjadi lebih Read more…

Cara Supaya Anak Cerdas

Buah-buahan Terbaik untuk Menambah Kecerdasan Anak

Bagi orang tua melihat anaknya tumbuh dengan sehat dan cerdas tentu sangatlah menggimbarakan. Tak heran jika akhirnya untuk mewujudkan harapan tersebut orang tua selalu memberikan makanan sehat dengan nutrisi yang lengkap. Berbicara soal makanan apakah Read more…

Cara Supaya Anak Cerdas

5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak memang belum dapat terlihat dengan jelas saat usianya masih bayi. Kendati demikian, pada dasarnya kecerdasan seorang anak dipengaruhi oelh berbagai faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksudkan disini adalah faktor genetik Read more…

%d bloggers like this: