Madu untuk anak tidak boleh diberikan secara sebarangan, karena tidak boleh diberikan pada balita yang berusia di bawah satu tahun. Hal tersebut dikarenakan pada madu ternyata ada kandungan bakteri yaitu clostridium botulinium yang bisa berbahaya untuk balita di bawah satu tahun. Terlebih lagi jika melihat kondisi dari sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna karena masih berkembang, sehingga bakteri yang ada pada madu tersebut bisa membahayakan kesehatan sang balita.

Waktu Serta Cara Pemberian Madu yang Tepat

Usia Anak
Apa yang terjadi jika Anda sebagai orang tua memaksakan pemberian madu pada balita di bawah satu tahun? Yang terjadi adalah Anda akan membahayakan kesehatannya karena bisa mengalami penyakit yang serius bahkan bisa mengalami kelumpuhan. Hal ini karena bakteri clostridium yang ada pada madu bisa menimbulkan masalah kesehatan botulisme yang dapat memicu melemahnya otot pada bayi atau balita. Kemudian anak atau balita akan mengalami kesulitan dalam menyusu karena sudah malas untuk menyusu.
Selain itu, balita juga akan mengalami kesulitan dalam menangis bahkan jika balita tersebut bisa menangis maka dalam gerakan yang sedikit lemah serta suaranya yang lemah, anak juga bisa terkena sembelit yang tentu terasa tidak nyaman untuk bayi, dan selanjutnya balita bisa mengalami kelumpuhan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memberikan madu pada anak-anak, pilih madu yang memang khusus untuk anak-anak.
Apabila memang bayi tersebut membutuhkan madu, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak agar tidak menimbulkan efek samping yang memang seharusnya belum boleh diberikan. Selain, konsultasi Anda juga harus mengetahui bagaimana waktu serta cara yang tepat dalam mengkonsumsi madu pada anak. Berikut ini adalah penjelasannya.

Konsumsi Madu Ketika Perut Kosong
Agar Anak bisa memperoleh manfaat secara maksimal maka konsumsi lah madu ketika perut dalam kondisi kosong, jadi sebelum anak makan atau segera setelah anak bangun dari tidurnya lebih baik berikan madu terlebih dahulu. Hal tersebut akan membantu sistem pencernaan pada anak lebih mudah menyerap segala nutrisi pada madu. Jika Anak atau orang dewasa meminum madu ketika perut kosong makan akan terhindar dari penyakit maag.
Hal tersebut karena madu bisa melapisi dinding pada lambung sehingga anak terhindar dari maag.

Konsumsi Madu Secara Langsung
Usahakan anak Anda untuk mengkonsumsi madu secara langsung tanpa diolah dengan apapun. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang terkandung di dalam madu dapat terjaga dengan baik. Namun, jika anak Anda tidak menyukai tekstur dari madu maka bisa mencampurnya dengan air putih sehingga lebih encer. Atau Anda bisa menambahkan 2 sampai 3 sendok madu pada setengah gelas air hangat kemudian aduk-aduk dan bisa langsung diberikan pada anak.

Jangan Menggunakan Sendok Logam
Ketika Anda akan menggunakan sendok untuk madu lebih baik gunakan sendok plastik atau sendok dari kayu, jangan pernah gunakan sendok logam. Hal tersebut dikarenakan jika menggunakan sendok logam maka sel di dalam madu bisa rusak yang akan membuat beberapa zat bermanfaat di dalam kandungan madu menjadi hilang begitu saja.

Minum Madu Pagi Hari
Tahukah Anda jika mengkonsumsi madu pada pagi hari dengan sebelumnya mencelupkan jari manis sebelah kanan ke dalamnya merupakan sebuah sunnah yang lebih baik Anda coba. Selain itu, lebih baik bagi Anda meminum madu sebelum Anda tidur seperti yang dilakukan oleh Rasululloh SAW. Oleh karena itu, Anda akan mendapat banyak sekali manfaat jika mengikuti sunnah tersebut yaitu konsumsi madu pada pagi hari dan sebelum tidur.

Itulah beberapa waktu serta cara mengkonsumsi madu yang tepat untuk anak. Perlu Anda ingat bahwa sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan manfaat melainkan kerugian, jadi berikanlah madu pada anak pada takaran tertentu. Dan jangan berikan madu untuk anak di bawah usia satu tahun.

Categories: Madu Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Madu Anak

Pemberian Takaran Tepat Madu untuk Anak Balita

Untuk kebutuhan vitamin dalam tubuh, madu menjadi obat alami untuk yang baik. Memang dalam dunia kesehatan, madu memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Madu juga baik untuk dikonsumsi secara rutin. Anak-anak memiliki kondisi yang rentan Read more…

Madu Anak

Olahan Makanan dengan Campuran Madu Untuk Anak

Madu untuk anak memang akan lebih baik jika dikonsumsi secara langsung, namun tidak sedikit dari anak-anak tidak menyukai tekstur madu yang manis dan kental. Tetapi jika melihat dari khasiat yang diberikan oleh madu, Anda harus Read more…

Madu Anak

Manfaat Madu Untuk Anak dalam Meningkatkan Nafsu Makan

Madu untuk anak selain dapat digunakan sebagai obat penurun demam, ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Banyak orang tua yang mengaku jika telah menggunakan berbagi macam obat maupun metode untuk meningkatkan nafsu Read more…

%d bloggers like this: