Batuk pilek sering menjangkit pada anak-anak, bahkan bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Anak kecil memang rentan terserang virus yang berada di udara. Karena sistem imun yang belum terbentuk dengan kuat.

Selain itu, sistem pernapasan bagian atas anak juga belum terbentuk sepenuhnya sehingga memudahkan virus dan bakteri masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Biasanya frekuensi batuk pilek yang di alami anak akan menurun dengan sendirinya ketika usia bertambah.

Bahkan batuk pada anak balita yang frekuensinya 6 hingga 8 kali per tahun pun masih dianggap wajar. Untuk batuk yang disertai pilek perlu diketahui penyebabnya di bawah ini.

Masalah Batuk Pilek Pada Anak

Penyebab Batuk Pilek Secara Umum

Virus merupakan salah satu penyebab batuk pilek pada hidung, tenggorokan, dan sinus anak. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak kecil lebih sering mengalami batuk pilek. Virus lebih mudah untuk menyerang imunitas pada anak kecil yang disebabkan oleh kekebalan tubuh yang lemah.

Batuk pilek bisa disebabkan oleh penularan dari orang-orang sekitar bisa jadi dari teman atau keluarga si anak. Anak kecil cenderung belum bisa menghindari berbagai penularan virus karena saat mereka batuk biasanya belum menutup mulut untuk mencegah penularan. Hal ini bisa menularkan batuk pileknya pada teman mainnya.

Selain dari penularan, pengaruh cuaca juga menjadi pengaruh adanya batuk pilek. Musim hujan menjadi sumber terbanyak akan virus yang menyebar. Sehingga anak harus selalu terjaga dan orang tua pun juga harus bisa memberikan perlindungan terhadap anaknya.

Batuk Pilek Infeksi

Ciri-cirinya bisa diketahui karena demam dan tubuh menjadi pegal-pegal. Biasanya batuk pilek jenis ini akan menjangkit selama 2-3 hari lamanya. Itupun jika anak mendapat penanganan yang tepat dan istirahat yang cukup.

Penyebab jenis batuk pilek ini adalah karena jasad renik, kuman, dan mikroba. Tetapi penyebab utama pada umumnya adalah virus atau mikroba tersebut.

Jika anak mulai terserang batuk pilek ini, cara penyembuhannya tergolong mudah karena bisa sembuh dengan sendirinya. Sebaiknya penderita batuk pilek ini harus cukup istirahat serta minum air putih yang banyak agar sistem kekebalan tubuh bisa kembali normal.

Batuk Pilek Alergi

Penyakit yang paling sering menyerang baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Batuk jenis ini bukan merupakan penyakit yang serius karena termasuk penyakit wajar yang bisa datang jika kondisi tubuh sedang lemah.

Batuk pilek ini biasanya berlangsung dalam waktu yang lama, mungkin bisa lebih dari tiga hari. Penyebabnya adalah karena reaksi saluran napas yang berlebihan terhadap sumber alergi misalnya lingkungan, asap, debu, dan lain-lain.

Pada saat batuk pilek karena alergi biasanya hidung akan mengeluarkan cairan ingus yang berwarna cair maupun kental. Jika ingus cair dan berwarna putih bening berarti menandakan batuk pilek baru memasuki tahap awal.

Sedangkan jika ingus sudah berwarna kekuningan dan kental, berarti antibodi sudah bekerja melawan penyakit ini. Tanda penyakit ini akan sembuh jika ingus yang keluar sudah berwarna kehijauan karena virus dan bakteri yang sudah mati.

Batuk pilek bisa menyerang siapa saja yang sedang dalam keadaan tidak sehat. Sebagai orang tua harus lebih waspada jika anaknya mulai menunjukkan gejala-gejala yang mengarah pada penyakit tertentu.

Namun, untuk batuk pilek ini tidak perlu cemas karena penyakit batuk pada anak ini bisa sembuh dengan mudah. Yang paling penting adalah kondisi tubuh anak bisa selalu terjaga dan tidak perlu obat khusus untuk menyembuhkannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Batuk Untuk Bayi

Cara Atasi Batuk Pada Anak yang Berkepanjangan

Batuk menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan segera. Banyak penyebab yang membuat batuk terus-menerus pada musim hujan ini. Taman yang letaknya tidak jauh dan rumah saja, batuk dalam jangka tertentu biasanya akan hidup bersama Read more…

Obat Batuk Untuk Bayi

Kenali Batuk Pada Anak yang Kronis

Batuk pada anak yang kronis wajib Anda wasapadai sebab bisa jadi ketika anak Anda terkena batuk dalam jangka waktu cukup lama bisa jadi ini adalah penyebab dari suatu penyakit yang serius. Sebenarnya batuk kronis bukanlah Read more…

Obat Batuk Untuk Bayi

Manfaat Temulawak Dalam Mengatasi Batuk Pada Anak

Batuk pada anak memang sangatlah mengganggu, terlebih lagi jika anak menjadi rewel dan sulit untuk tidur. Batuk pada anak jika dibiarkan begitu saja akan membuatnya bertambah parah bahkan menjadi kesulitan dalam bernapas. Oleh karena itu, Read more…

%d bloggers like this: