Daya tahan tubuh anak yang lemah, menjadikannya mudah terserang berbagai macam penyakit salah satu diare. Diare adalah masalah yang kerap di alami oleh anak-anak. Jika diare pada anak tidak segera di atasi maka akan berdampak buruk bagi kesehatannya bahkan dapat mengakibatkan kematian. Diare umumnya terjadi karena anak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri atau virus, sehingga sistem pencernaan pada anak terganggu dan berujung pada diare.

Sangat disayangkan jika orang tua acuh dalam masalah ini, karena hal ini dapat mengakibatkan hal buruk yaitu kematian. Jika orang tua memutuskan untuk merawat anak di rumah tanpa adanya tindakan medis, maka disarankan untuk menggunakan beberapa obat tradisional berikut: 

  • Pisang

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemukan di pasar, pisang memiliki senyawa yang mampu meredahkan diare pada anak. Tidak heran jika pisang dianggap sangat bermanfaat bagi manusia, selain itu pisang juga menjadi salah satu buah favort anak-anak.

  • Yoghurt

Siapa sih yang belum tau yoghurt, rasanya semua orang sangat mengenali olahan makanan yang satu ini. Bakteri baik yang terkandung didalam yoghurt dapat meredahkan diare pada anak-anak. Untuk harga yoghurt sendiri sekitar Rp. 10.000 relatif terjangkau bukan??

  • Saus Apel

Apel bukanlah buah yang sulit ditemukan di pasar, buah ini dapat kita jumpai hamper diseluruh sudut pasar. Harga yang relatif murah membuat buah ini menjadi favorit masyarakat luas. Namun siapa sangka jika buah yang satu ini jika kita olah menjadi saus apel dapat kita gunakan sebagai obar peredah diare pada anak-anak. Dan pastinya anak akan menyukai obat diare yang satu ini.

  • Bubuk Kulit Kayu Manis

Jika orang tua ingin melakukan pengobatan tardisional pada anak, ini adalah ramuan yang dipercaya sangat manjur. Bubuk kulit kayu manis adalah bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menyembuhan diare yang terjadi pada anak. Cara ini dinilai sangat alami dan aman dalam proses penyembuhan anak anda,

  • Daun Sendok

Siapa yang tahu jika tumbuhan ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa, daun ini memiliki senyawa aktif yang berperan penting pada proses penyembuhan diare pada anak. Cara penyajiannya cukup mudah, dengan mencuci bersih daun ini dan merebus daun dengan 3 gelas air, maka minuman ini dapat disajikan pada anak kita.

  • Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang dapat menyembuhkan diare pada anak, senyawa yang terkandung dalam jahe dapat merileks kan perut anak yang sedang kram akibat diare. Cara penyajiannya yang cukup simple membuat banyak orang menjadikan jahe sebagai pilihan pertama dalam proses penyembuhan diare.

  • Akar Jeruk Nipis

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk mengobati batuk pada anak-anak, ternyata akar dari tumbuhan ini di nilai ampuh dalam proses penyembuhan diare pada anak. Tumbuhan ini dapat kita temukan di beberap kebun atau penjual tanaman di pasar, apa salahnya jika kita menanam tumbuhan ini di rumah kita, pasti sangat bermanfaat bukan??

Jika orang tua memutuskan untuk merawat anak di rumah dengan cara mereka sendiri, maka hal ini tidak menjadi masalah asalkan kita sebagai orang tua tahu batasan yang harus diperhatikan. Namun apa salahnya jika kita sebagai orang tua melakukan pencegahan sejak dini  untuk meminimalisir terjadinya diare pada anak-anak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Diare Anak

Ciri-Ciri Diare Pada Anak dan Bayi

Tak hanya anak-anak dan juga orang dewasa yang dapat mengalami diare, bahkan bayi pun bisa dan penyebabnya pun beragam. Penyebab bayi diare bisa dikarenakan adanya pola makan yang berubah sehingga ia harus beradaptasi, atau bahkan Read more…

Obat Diare Anak

Ciri-Ciri Bayi Terkena Diare

Tak hanya anak-anak dan juga orang dewasa yang dapat mengalami diare, bahkan bayipun bisa dan penyebabnyapun beragam. Penyebab bayi diare bisa dikarenakan adanya pola makan yang berubah sehingga ia harus beradaptasi, atau bahkan kemungkinan dipicu Read more…

Obat Diare Anak

Cara Mengatasi Mencret Pada Bayi 1 Bulan

Sakit diare yang dialami oleh anak-anak terlebih pada bayi memang jangan diremehkan karena bila tidak cepat ditangani akan berdampak serius hingga bahkan dapat menyebabkan kematian. Bayi umumnya mulai dapat terserang diare sejak umur 1 bulan. Read more…

%d bloggers like this: