Anak yang terlalu gemuk perlu dikhawatirkan karena tentunya tidak baik untuk kesehatan. Namun rupanya anak yang terlalu kurus juga berbahaya. Karena itulah Ibu biasanya membawa bayi kita untuk ditimbang berat badannya. Dan saat mendapati berat badannya masih di  bawah garis normal, maka tentu ia harus mengambil tindakan.

Banyak orang lantar berpikir apakah artinya anak harus diberi susu formula jika terlalu kurus? Karena mitos yang beredar di masyarakat adalah anak yang kurus biasanya butuh susu formula untuk menjadi gemuk. Namun sebenarnya tidak demikian.

Berat badan yang kurang bisa terjadi karena asupan makanan yang tidak adekuat (tidak cukup). Biasanya ini terjadi jika anak sedang sakit atau usai sakit. Bisa juga karena anak sulit makan atau pilih-pilih makan, sehingga jika supply kalori tidak seimbang dengan kebutuhan tubuh dan aktivitasnya.

Ada kasus di mana bayi/anak makannya baik, tetapi tidak terserap dengan baik akibat adanya gangguan penyerapan makanan, alergi, diare/muntah atau dalam masa penyembuhan dari sakit.

Tips Menggemukan Badan Anak Tanpa Susu Formula

  • Bayi di bawah usia 6 bulan

Perhatikan asupan ASI dan pola menyusui. Jika ada masalah dengan menyusui, segera hubungi konselor laktasi untuk membantu memperbaiki posisi pelekatan, dan sebagainya. Bayi harus lebih sering menyusu terutama saat malam hari.

  • Bayi 6 bulan dan mulai MPAS

Buat bubur dengan campuran sedikit minyak atau margarine, santan, kacang yang dilumat, atau parutan keju. Minyak nabati yang berupa minyak canola, minyak zaitun, minyak jagung, atau minyak sunflower/bunga matahari juga boleh ditambahkan sampai 2-3 sendok teh per hari sesuai dengan toleransi bayi.

Bisa dibantu juga dengan memberikan alpukat atau pisang yang kaya kalori dan vitamin. Untuk menaikkan berat badan bayi di bawah usia 1 tahun yang sudah MPASI, bisa gunakan menu double protein karena di bawah usia 1 tahun, protein adalah penyumbang terbesar pertumbuhan bayi.

  • Anak di atas 1 tahun

Selain menu double protein, menu double karbohidrat juga bisa membantu menggemukan badan anak karena kebutuhan kalori anak di atas 1 tahun sudah sangat tinggi karena aktivitasnya mulai beragam. Lebih baik menggunakan makanan yang berkalori tinggi yang sehat dibanding makanan instant yang tinggi gula dan kaya pengawet.

Untuk anak di atas 1 tahun, sebaiknya lebih selektif dengan camilan atau snack yang kosong kalori seperti permen, krupuk, atau junk food. Sesekali untuk selingan tidak apa-apa, tetapi jangan sampai menjadi asupan rutin.  Kreatif memilih makanan sehat padat kalori, komposisi bahan sesuai kegemaran anak, bisa diberi porsi kecil dengan frekuensi sering yang mungkin lebih mudah diterima.

Menambah gula pada makanan untuk tujuan menambah kalori tidak disarankan karena bisa menyebabkan karies gigi dan bahkan memicu diabetes. Hindari mencuri-curi kesempatan memberikan ekstra susu formula dalam botol pada bayi/anak ketika tidur. Sarapan itu penting, bukan hanya untuk mereka yang aktif sekolah dan bekerja, tetapi harus dibiasakan sejak bayi.

Diskusikan alasan-alasan pemberian suplemen sejelas-jelasnya. Hati-hati dengan promosi obat perangsang nafsu makan atau produk enzim-enzim pencernaan yang katanya dapat memperbaiki berat badan anak, karena obat-obatan seperti ini tidak sepenuhnya aman. Jika memang ada defisiensi vitamin atau mineral, tambahan vitamin/ mineral memang diperlukan

Menaikkan berat badan anak yang paling baik adalah dengan meningkatkan asupan sumber- sumber alami vitamin dan mineral lewat makanan. Suplemen hanya bersifat membantu dan sifatnya sementara. Terapkan aturan makan yang baik pada anak: waktu makan kurang dari 30 menit, tidak sambil bermain, menonton televisi atau jalan-jalan. Usahakan untuk bisa makan bersama dengan keluarga setidaknya satu kali dalam sehari.

Categories: Obat Gemuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Gemuk Anak

5 Cara Menggemukkan Badan Anak Usia 7 Hingga 10 Tahun

Bukan rahasia lagi jika anak-anak sangat pemilih makanan, bahkan langsung menyingkirkan sayuran dari piring makanan. Sehingga terlihat lebih kurus dari anak-anak seusianya, ada baiknya jika ingin menggemukkan badan anak usia di atas 7 tahun dengan Read more…

Obat Gemuk Anak

Pengaturan Makanan Untuk Menggemukkan Badan Anak yang Terlalu Kurus

Banyak orang tua yang merasa gagal saat tidak bisa membuat buah hatinya terlihat gemuk, padahal hal tersebut tidak perlu. Anak-anak sebaiknya memiliki tubuh ideal, sehingga tidak mudah terserang penyakit, namun bagaimana jika terlalu kurus. Orang Read more…

Obat Gemuk Anak

Tips dan Kriteria Memilih Obat Yang Sesuai Untuk Menggemukan Badan Anak

Untuk membuat berat badan anak naik memang bisa menggunakan obat-obat yang kimia atau tradisional. Akan tetapi masih banyak orang yang bingung untuk memilih obat yang sesuai dengan anak Anda, tentu anda ingin yang terbaik bagi Read more…

%d bloggers like this: