Muntah merupakan suatu masalah yang dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak kecil. Bahkan, muntah yang terjadi sesekali pada si kecil merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, muntah yang banyak, sering dan berlangsung lama memang membutuhkan penanganan dan perhatian khusus yang tepat. Penyebab muntah pada anak banyak sekali, termasuk infeksi kuman, keracunan makanan hingga kondisi alergi. Hal utama dan paling penting dalam menanaganai mual dan muntah pada anak pastikan jangan sampai terjadi dehidrasi pada anak.

Banyak orang tua yang panik dalam menghadapi muntah pada anak. Cara utama dan efektif sebaiknya berpikir dengan kepala dingin karena dengan kepanikan tidak akan menyelesaikan masalah. Perlu diketahui bahwa bahaya utama pada penyakit muntah pada anak adalah rentan terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Jadi, orangtua yang berkepala dingin dapat membantu anak menghadapi muntah dan membantunya menghindari keadaan dehidrasi. Selain itu, orangtua juga harus mengetahui kapan dan makanan apa yang sebaiknya diberikan pada si kecil saat ia mual dan muntah.
Berikut adalah beberapa cara menghadapi mual dan muntah pada anak yang dapat Anda lakukan:

Pastikan cairan yang anak Anda minum selalu tercukupi

Pastikan cairan yang masuk kedalam tubuh anak anda tercukupi agar anak tidak jatuh ke kedalam kondisi dehidrasi. Muntah akan mengeluarkan cairan yang berada di dalam tubuh, dan semakin banyak muntahan yang keluar makan cairan dalam tubuh pun semakin berkurang. Kondisi ini yang rentan menimbulkan komplikasi dehidrasi bagi anak Anda. Maka, pastikan cairan dalam bentuk apapun masuk ke dalam tubuh anak Anda untuk menggantikan cairan yang hilang.

Berikan waktu istirahat untuk pencernaan anak anda.

Cara mengatasi mual muntah pada anak yang paling pertama adalah memberikan istirahat pada saluran pencernaan anak Anda. Maksudnya, jangan masukkan makanan berat yang terlalu padat dan sulit dicerna dalam kurun waktu 30 menit setelah anak Anda muntah. Waktu tersebut akan sangat berguna bagi organ lambung untuk beristirahat, karena muntah akan menguras energi lambung anak Anda.

Berikan makanan yang mudah dicerna

Setelah 3 anak sudah tidak muntah mulailah memberikan menu makanan bagi anak yang tepat. Berikan makanan dengan rasa yang tidak terlalu menonjol, tidak terlalu asin, gurih atau pun pedas. Hindari pula makanan yang berminyak dan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Jangan berikan makanan terlalu panas dan pedas. Hindari juga makanan yang mengandung glukosa yang sangat tinggi seperti permen atau es krim. Sebaliknya, berikan makanan padat yang lunak seperti biscuit, mie, nasi, atau pun bubur.

Memberikan Cairan Cuka Apel

Dalam mengatasi mual muntah pada anak yang juga dapat Anda terapkan adalah dengan memberinya cairan yang berupa cuka apel yang dilarutkan dengan air matang. Cuka apel mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri dan kuman yang menginfeksi saluran pencernaan anak Anda, sehingga larutan ini sangatlah baik untuk membantu tubuh anak membunuh infeksi kuman tersebut. Berikan larutan ini bila anak sudah tidak merasa mual. Selain efeknya untuk membunuh bakteri, cuka apel juga mengandung beberapa jenis elektrolit dan mineral yang baik untuk menggantikan cairan tubuh anak yang hilang.

Makanan yang mengandung karbohidrat komplek

Selain memberikanan makanan yang mudah dicerna anda juga harus memberikan beberapa makanan untuk membantu mengatasi perut mual, maka Anda bisa memberikan makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Makanan yang mengandung karbohidrat komplek sangat penting saat mual karena bisa membuat saluran pencernaan anak menjadi lebih nyaman. Beberapa jenis makanan ini termasuk seperti kentang, nasi merah, gandum dan yogurt. Hindari memberikan makanan yang mengandung lemak karena bisa menyebabkan pencernaan anak menjadi tidak nyaman. Lemak sangat sulit dicerna sehingga anak bisa menjadi lebih mual.
Waspadai juga beberapa tanda bahaya mual dan muntah pada anak, dan jangan ragu untuk membawanya berobat ke dokter atau rumah sakit bila menemukan salah satu dari tanda-tanda bahaya tersebut. Semoga artikel ini menginspirasi dan turut membantu Anda dalam menjaga kesehatan anak.

Categories: Obat Mual Muntah Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Mual Muntah Anak

Obat Alami Anti Mual Untuk Anak Paling Ampuh

Masalah Muntah pada anak sebenarnya terjadi sesekali dan tidak lebih dari dua hari, termasuk hal yang lumrah. Namun apabila muntah pada anak yang terjadi berhari-hari, frekuensinya sering, dan banyak yang dimuntahkan, perlu dicermati lebih lanjut. Read more…

Obat Mual Muntah Anak

Ciri Ciri Anak Masuk Angin Dan Menyebabkan Muntah

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang-orang namun banyak yang belum mengetahui tentang ciri-ciri dari penyakit itu sendiri. Masuk angin lazimnya banyak dikeluhkan orangtua sepulang dari bepergian atau ketika anak banyak Read more…

Obat Mual Muntah Anak

Penyebab dan Penanganannya Anak Batuk dan Muntah Saat Tidur

Masa usia bayi dan anak merupakan usia yang rentan terkena penyakit, termasuk muntah dan terkena serangan batuk hingga menyebabkan muntah. Muntah adalah hal yang umum terjadi pada anak, baik itu di sebabkan oleh tersedak benda Read more…

%d bloggers like this: