Ketika anak mengalami panas demam, banyak di antara orang tua langsung merasa panik dan cemas dengan keadaan ini. Namun ini bukan hanya membuat orang tua cemas namun juga akan membuat anak menjadi rewel. Usahakan tenang dan fokus pada anak agar anak tidak tambah rewel
Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan ketika panas demam anak mulai tinggi. Bahlan banyak juga obat panas anak yang bisa dipakai tanpa takut akan efek sampingnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengompres dahi anak dengan menggunakan air dingin. Hal ini terlihat simpel namun cara ini efektif untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi
Setelah panas dan demam anak mulai berangsur turun, orang tua bisa melanjutkan ke proses pengobatan dengan memanfaatkan obat herbal yang bisa para orang tua buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

cara menurunkan panas demam anak dengan obat herbal

Bahan Alami Penurun Panas Serta Demam Anak Dan Cara Membuatnya

Kunyit
Kunyit ini memiliki kandungan minyak astari, curcumin, rutmeron serta zingiberen. Sejumlah kandungan yang ada dalam kunyit sangat bermanfaat untuk antibakteri, antioksidan dan juga antiflamasi.
Cara menggunakan kunyit untuk pengobatan sangatlah mudah. Cukup dengan mencuci nya dengan bersih setelah itu diparut dan lat-rutkan dalam ½ gelas air panas, lalu aduk sampai merata. Setelah dingin maka peraslarutan kunyit tersebut dan ambil sarinya. Saat akan memberikan pada anak, bisa ditambahkan madu sebagai pelengkapnya.

Bawang Merah
Bumbu dapur ini sangat ampuh dijadikan obat alami sebagai penurun panas demam anak. Banyak kandungan di dalam bawang merah seperti sikloalin, floroglusin dan mintak astiriyang baik untuk kesehatan anak. Tanaman yang termasuk keluarga umbi ini juga mudah ditemukan, selain itu harganya juga sangat terjangkau.
Caranya pun sangat mudah yakni hanya perlu membalurkan bawang merah yang sudah di haluskan ke seluruh tubu anak namun terlebih dahulu cuci bersih bawang merah dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Lalu diamkan beberapa saat untuk melihat reaksi pada tubuh anak.

Temulawak
Temulawak sangat terkenal sebagai obat herbal penurun panas. Banyak produk obat yang menggunakan temulawak sebagai bahan dasarnya. Ini dikarenakan dalam temulawak banyak mengandung nutrisi yang mampu menurunkan panas anak. Agar lebih aman , orang tua bisa membuat nya sendiri dirumah dan cara nya pun sangat mudah.
Pertama haluskan temulawak yang sudah dicuci bersih lalu ambil sarinya. Untuk penyajiannya tambahkan madu untuk menambah rasa manis sehingga anak pun mau untuk mengkonsumsinya

Air Kelapa Muda
Kandungan utama dari kelapa muda adalah kandungan potassium yang menjadi sumber elektrolit, selain itu juga mengandung mineral dan juga kalium. Kandungan dalam air kelapa muda menjadikan cairan ini mirip dengan cairan yang ada di dalam tubuh.
Dengan menggunakan bahan alami sebagai obat diharapkan tidak akan menimbulkan efek samping apapun untuk tubuh anak sehinga tidak mengganggu tumbuh kembang si anak. Namun jika pertolongan awal tidak begitu menunjukkan reaksi sembuh segeralah bawa anak ke dokter.

Banyak cara untuk mencegah anak terserang demam selain harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan asupan gizi anak juga harus diperhatikan. Berilah asupan yang baik dengan memberikan makan yang sehat dan berkualitas baik.
Perbanyak konsumsi sayur dan buah juga dapat mencegah demam pada anak dan juga istirahat yang cukup. Perhatikan anak dan kontrol jadwal tidurnya supaya anak mendapatkan waktu tidur yang ideal .


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Penurun Panas Anak

Kenali Penyebab Panas Demam Anak yang Mendadak

Panas demam anak yang mendadak seringkali membuat orang tua menjadi kebingungan. Karena sebelumnya anak bermain dengan ceria dan baik-baik sja, tetapi kenapa tiba-tiba tubuh anak berubah menjadi panas. Hal tersebut akan menimbulkan beragam pertanyaan terkait Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Sederet Makanan Untuk Menurunkan Panas Demam Anak

Panas demam anak sebenarnya bukan sesuatu hal yang harus dikuatirkan. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi demam pada anak adalah sebuah gejala pada sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan kuman maupun virus di dalam tubuh anak. Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Demam Anak Termudah

Panas demam anak seringkali membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir, terutama bagi mereka yang baru saja menjadi orang tua. Bagaimana tidak? Mendapati anak yang semula baik-baik saja kemudian badannya berubah menjadi demam dan rewel Read more…

%d bloggers like this: