Panas demam anak yang mendadak seringkali membuat orang tua menjadi kebingungan. Karena sebelumnya anak bermain dengan ceria dan baik-baik sja, tetapi kenapa tiba-tiba tubuh anak berubah menjadi panas. Hal tersebut akan menimbulkan beragam pertanyaan terkait demam yang datang pada anak secara mendadak. Perlu Anda ketahui jika demam bisa terjadi karena beberapa hal yaitu karena penyakit atau karena penyebab lainnya.
Demam pada anak bisa hilang dengan sendirinya, namun jika suhu anak mencapai 40 derajat dan anak menjadi rewel serta sulit untuk tidur Anda bisa memberikannya obat penurun panas agar membantu meredakan suhu tubuhnya yang naik. Anak-anak sering terkena demam pada saat masa pertumbuhannya. Selain itu, anak juga belum mempunyai daya tahan tubuh yang sempurna sehingga lebih mudah terkena demam.

Penyebab Panas dan Demam Secara Mendadak

1. Infeksi
Perlu Anda ketahui apabila demam adalah salah satu indikasi jika tubuh sedang terkena infeksi. Anak bisa terinfeksi oleh beberapa serangan bakteri, jamur, maupun virus. Oleh karena itu, tubuh akan melakukan perlawanan terhadap infeksi tersebut dengan menaikkan suhu tubuhnya karena beberapa bakteri maupun virus bisa mati dalam kondisi suhu tertentu.
Selain itu, beberapa infeksi misalnya influenza, cacar, campak, batuk, serta penyakit lainnya bisa membuat anak menjadi demam secara mendadak. Apabila anak terkena demam karena infeksi maka bisa diberikan obat. Namun untuk beberapa anak bisa turun suhu tubuhnya tanpa konsumsi obat-obatan.

2. Demam Setelah Imunisasi
Penyebab demam secara mendadak pada anak bisa terjadi karena anak baru saja melakukan imunisasi. Demam setelah imunisasi terjadi karena bentuk efek samping atau sebuah proses adaptasi dari tubuh anak dari imunisasi yang telah masuk ke dalam tubuh.
Setelah imunisasi anak akan demam serta mengalami pembengkakan di sekitar bekas imunisasi. Apabila anak demam karena imunisasi sebenarnya dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan obat penurun panas.

3. Dehidrasi
Panas demam pada anak secara mendadak bisa dikarenakan tubuh anak kekurangan banyak cairan atau biasa disebut dengan dehidrasi. Perlu Anda ketahui jika tubuh anak kekurangan akan cairan maka jantung bisa bekerja dengan lebih berat untuk memompa darah menuju seluruh tubuh dalam menyalurkan oksigen.
Akhirnya metabolisme tubuh bisa meningkat yang menyebabkan tubuh mengalami demam ringan. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus selalu pastikan bahwa anak Anda tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

4. Tumbuh Gigi
Apabila anak sedang tumbuh gigi biasanya tubuh akan mengalami demam yang ringan. Jadi, jika secara tiba-tiba anak Anda mengalami demam dan belum mendapatkan penyebab pastinya Anda bisa mengecek apakah gigi anak Anda ada yang sedang tumbuh atau tidak.
Apabila benar karena gigi yang sedang tumbuh, maka demam bisa menghilang setelah gigi baru muncul di permukaan dan menembus gusi. Hal ini tidak memerlukan obat jika anak tidak demam dengan suhu tinggi dan anak tidak terlalu rewel sebab ini adalah sebuah reaksi alami dari tubuh karena proses perkembangan pada fisik anak Anda.

5. Demam Tifoid
Demam secara mendadak pada anak bisa dikarenakan oleh demam tifoid. Untuk gejala demam ini sama seperti demam pada umumnya, dan membutuhkan obat penurun panas sebagai pertolongan pertamanya. Selanjutnya Anda bisa berkonsultasi pada dokter mengenai tindak lanjut pengobatannya.

Itulah beberapa penyebab panas demam anak secara mendadak yang harus Anda ketahui. Selalu perhatikan ketika anak sedang demam, apakah demam tersebut membutuhkan penanganan lebih lanjut atau tidak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Penurun Panas Anak

Sederet Makanan Untuk Menurunkan Panas Demam Anak

Panas demam anak sebenarnya bukan sesuatu hal yang harus dikuatirkan. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi demam pada anak adalah sebuah gejala pada sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan kuman maupun virus di dalam tubuh anak. Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Demam Anak Termudah

Panas demam anak seringkali membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir, terutama bagi mereka yang baru saja menjadi orang tua. Bagaimana tidak? Mendapati anak yang semula baik-baik saja kemudian badannya berubah menjadi demam dan rewel Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Demam Anak Yang Berulang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Demam Anak Yang Berulang Kw : panas demam anak Ketika terjadi demam pada anak seringkali orang tua panik dan terkadang gegabah dalam mengambil tindakan untuk menanganinya. Terlebih jika anak Read more…

%d bloggers like this: