Panas demam anak sebenarnya bukan sesuatu hal yang harus dikuatirkan. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi demam pada anak adalah sebuah gejala pada sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan kuman maupun virus di dalam tubuh anak. Namun, hal tersebut kerap membuat orang tua menjadi kuatir dan akan segera memberikan obat penurun panas pada anak meskipun sebenarnya demam tersebut bukan gejala penyakit yang serius.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika anak demam dengan suhu yang tidak terlalu tinggi seperti memberikannya kompres air hangat, memandikannya dengan air yang hangat, memakaikan nya pakaian yang tipis serta nyaman, membuat kamarnya menjadi sejuk dan lain sebagainya. Ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam yaitu dengan memberikannya makanan.

Beberapa Makanan yang Bisa Menurunkan Panas dan Demam  Pada Anak

  • Bubur

Seperti yang Anda ketahui apabila bubur adalah salah satu makanan yang bisa menggantikan nasi serta mempunyai tekstur yang lembut dan lebih halus. Ketika anak sedang demam maka memberikannya bubur akan membuatnya lebih cepat menelan makanan meskipun tidak nafsu makan sebab tekstur bubur yang lembut dan halus.

Selain mudah ditelan, bubur juga akan mudah dicerna oleh tubuh anak Anda. hal ini juga yang membuat rumah sakit selalu menyajikan bubur untuk pasiennya. Bubur dapat memberikan energi yang bisa membantu pemulihan yang akan membuat panas anak menurun.

  • Telur Rebus

Sebagian anak bisanya akan menolak jika diberikan bubur bahkan bisa sampai mengeluarkannya kembali. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan telur rebus sebagai alternatif pengganti bubur dalam menurunkan demam anak. Perlu Anda ketahui jika protein yang ada di dalam telur itu sangat tinggi sehingga bisa dengan cepat memperbaiki keadaan tubuh yang sakit sehingga panas dalam tubuh menjadi cepat turun.

  • Yogurt

Cara menurunkan panas demam yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi produk turunan dari susu yaitu yogurt. Di dalam yogurt terdapat prebiotik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak agar mereka tidak mudah sakit. Dengan begitu, konsumsi yogurt secara rutin juga bisa membuat panas anak menurun dengan cepat bahkan bisa mencegah anak terkena bakteri atau virus penyebab sakit flu dan pilek.

  • Sup ayam

Makanan berikutnya adalah sup ayam yang hangat untuk diberikan pada anak yang sedang demam. Dengan diberikan sup ayam hangat ini maka tubuh anak akan menjadi lebih hangat dan membuatnya lebih segar. Gizi pada sup ayam akan membantu dalam pemulihan tubuh dari demam karena di dalam sup ayam terdapat berbagai macam bahan yang lengkap dan bergizi.

Air Kelapa

Banyak orang tua yang memberikan air kelapa kepada anaknya yang terkena demam karena hal tersebut adalah resep turun menurun dari zaman dahulu jika anak demam atau sakit maka berikanlah air kelapa. Namun, tahukah Anda sebenarnya air kelapa terutama kelapa hijau terdapat banyak kandungan mineral serta ion yang bisa mengembalikan cairan yang hilang di dalam tubuh. Dengan meminum air kelapa hijau juga bisa mengeluarkan racun serta mencegah tubuh anak mengalami dehidrasi saat demam.

  • Melon

Menurunkan panas pada anak juga bisa dengan konsumsi buah, salah satunya adalah buah melon. Selain rasanya yang manis dan buahnya yang segar, konsumsi melon bisa menurunkan demam karena adanya karotenoid di dalam melon.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan panas demam anak. yang perlu Anda perhatikan ketika anak demam adalah jangan sampai anak mengalami dehidrasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Obat Penurun Panas Anak

Kenali Penyebab Panas Demam Anak yang Mendadak

Panas demam anak yang mendadak seringkali membuat orang tua menjadi kebingungan. Karena sebelumnya anak bermain dengan ceria dan baik-baik sja, tetapi kenapa tiba-tiba tubuh anak berubah menjadi panas. Hal tersebut akan menimbulkan beragam pertanyaan terkait Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Demam Anak Termudah

Panas demam anak seringkali membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir, terutama bagi mereka yang baru saja menjadi orang tua. Bagaimana tidak? Mendapati anak yang semula baik-baik saja kemudian badannya berubah menjadi demam dan rewel Read more…

Obat Penurun Panas Anak

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Demam Anak Yang Berulang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Demam Anak Yang Berulang Kw : panas demam anak Ketika terjadi demam pada anak seringkali orang tua panik dan terkadang gegabah dalam mengambil tindakan untuk menanganinya. Terlebih jika anak Read more…

%d bloggers like this: