Nafsu makan dari anak setiap harinya berbeda-beda dan setiap anak juga memiliki nafsu makan yang berbeda. Berat badan juga termasuk salah satu parameter untuk mengetahui pertumbuhan anak selain faktor tinggi badan.

Tumbuh kembang pada anak memiliki arti bertambah besar selnya dan semakin matang fungsi sel tersebut. ada beberapa anak kurus atau tidak ideal sesuai dengan umur dikatakan memiliki pertumbuhan kurang baik.

Oleh karena itu bunda dan para orang tua lainnya harus memperhatikan pola makan anak dan cara mengatasi untuk mereka yang memiliki nafsu makan tidak seperti anak-anak di umurnya.

Cara Alami Meningkatkan Nafsu Makan Anak & Berat Badannya

Mencari Tahu Penyebabnya

Untuk orang tua sangat penting membuat anak mereka sama dengan anak-anak lain yang memiliki berat badan ideal atau gemuk. Tapi hal ini juga tergantung dari penyebabnya, baik karena sakit atau yang lainnya. Sedangkan penyebabnya sendiri mulai dari:

  • Kurang asupan gizi
  • Penyakit
  • Kekurangan protein albumin

Tidak sedikit orang tua yang sudah merasa cukup memberikan makanan bergizi untuk anak mereka. Tapi ternyata masih banyak juga yang tidak menyadari dengan memberikan kuantitas anak saja masih kurang untuk memenuhi asupan gizi anak.

Karena idealnya, gizi dan nutrisi anak harus sebanding dengan kegiatan otak dan fisik mereka setiap harinya. Setiap bulan berat badan anak juga harusnya akan mengalami kenaikan bukan penurunan. Oleh karena itu asupan gizi sangat penting.

Berikan Nutrisi Pendamping

Untuk nutrisi pendamping salah satunya merupakan makanan yang memiliki kandungan protein albumin. Protein ini termasuk nutrisi yang cukup penting, dibutuhkan setiap sel dalam tubuh anak untuk perbaikan dan pertumbuhan.

Kadar protein albumin di dalam tubuh anak normalnya 3,5 sampai 4,5 g/dl dan jika kadar tersebut kurang dari 2,2 g/dl maka hal ini menunjukkan ada masalah pada tubuh anak tersebut. Jadi sangat penting untuk memberikan nutrisi pendamping yang satu ini.

Memberikan Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering dan kacang sangat baik untuk mengisi waktu camilan mereka. Karena kedua jenis makanan ini termasuk camilan sehat yang dapat membantu menambah nafsu makan anak saat sudah masuk jam makan.

Hindari memberikan camilan dengan bahan gula, karena malah akan membuat anak tidak memiliki keinginan untuk makan. Dengan buah-buahan dan kacang-kacangan akan sangat membantu tubuh anak tidak mengalami obesitas dan menjaganya tetap sehat setiap hari.

Mengajak Berolahraga

Untuk orang tua yang suka berolahraga, sebaiknya ajak juga anak untuk bergabung. Apalagi mereka yang jarang melakukan aktivitas dan bermain seperti anak-anak lainnya.

Minimal anak akan bergerak untuk bermain, supaya tubuh menjadi lebih aktif bergerak dan saat anak menggerakan badan secara aktif maka detak jantung akan meningkat. Dengan adanya hal tersebut dapat membuat pembakaran kalori menjadi lebih optimal dan nafsu makan juga akan ikut meningkat.

Ramuan Jahe

Jahe sendiri merupakan tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan dan berat badan anak. Kita dapat membuat jahe menjadi sebuah ramuan tradisional yang enak, caranya dengan menyiapkan jahe 1 ruas yang sudah dicuci bersih.

Keprek jahe, rebus dengan menambahkan air sebanyak 2 gelas dan rebus sampai mendidih. Saat ramuan sudah mendidih, angkat dan saring air rebusan jahe. Tuang ke dalam cangkir dan tambahkan perasan lemon atau madu sebanyak 1 sendok teh. Ramuan ini sangat baik jika diminum 3 kali sehari secara teratur dan akan sangat membantu menambah nafsu makan anak-anak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Penambah Nafsu Makan Anak

Resep Kunyit Sebagai Penambah Nafsu Makan Anak

Saat ini memang ada cukup banyak resep atau ramuan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menambah nafsu makan untuk anak. Ramuan herbal tersebut merupakan kunyit yang memiliki efek farmakologi dan bagus untuk kesehatan Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Tips Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Menurun Menurut Psikologis

Nafsu makan anak yang menurut kerap membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir karena takut anak tidak akan menerima asupan gizi secara penuh. Terlebih lagi Anda takut jika anak akan terhambat pertumbuhan serta perkembangannya. Yang Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Panduan Menyajikan MPASI Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Nafsu makan anak ketika usia 6 bulan biasanya belum bagus, karena mereka selama ini hanya mengenal ASI sebagai makanan utamanya saja. Saat anak memasuki 6 bulan pertama nya setelah lahir, tentu saja akan membuat Anda Read more…

%d bloggers like this: