Nafsu makan anak yang menurun atau berkurang adalah masalah yang biasanya membuat orang tua menjadi khawatir, terutama Anda sebagai seorang ibu. Karena tidak ada orang tua yang ingin anaknya menjadi kekurangan gizi yang akan membuat pertumbuhannya menjadi terhambat. Padalah makanan untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan berperan sebagai sumber nutrisi tiap harinya serta edukasi nya.
Kekurangan gizi pada anak bisa menyebabkan anak tidak optimal untuk perkembangan otaknya, pertumbuhan fisik pun menjadi tidak maksimal, perkembangan organ metabolik menjadi tidak optimal, dapat membuat kemampuan kognitif serta pendidikannya menjadi menurun, dapat terjadi stunting atau tubuh pendek, bisa terkena diabetes, hipertensi, menderita penyakit jantung, serta bisa terkena stroke.
Oleh karena itu apabila Anda mendapati anak Anda nafsu makannya menurun, lebih baik cari terlebih dahulu apa yang menyebabkannya. Ada dua faktor yang mempengaruhi nafsu makan menjadi turun yaitu faktor psikis dan faktor fisik anak. Jika pada faktor fisik biasanya berkaitan dengan sistem pencernaan anak. Sementara jika dari faktor psikis adalah dari psikologis anak. Jika Anda merasa anak memiliki kondisi fisik yang baik, maka faktor psikis bisa menjadi penyebabnya.

Kenali Kondisi Psikis Anak yang Menyebabkan Nafsu Makan Anak Menurun

Berikut ini adalah kondisi psikis yang bisa membuat nafsu makan anak menjadi turun.

Kondisi Psikis Anak yang Menyebabkan Nafsu Makan Menurun

Mengalami Depresi
Biasanya anak yang telah masuk sekolah akan mengalami depresi dengan banyak penyebabnya. Misalnya anak mengalami kesulitan menerima pelajaran dan memahaminya, mempunyai masalah dengan teman sekelasnya, atau memperoleh kekerasan dari beberapa temannya, dan masih banyak lagi penyebabnya. Depresi pada anak biasanya akan membuatnya mendapatkan masalah dalam makan yaitu makan dengan berlebihan yang bisa menjadi obesitas atau bahkan anak bisa kehilangan nafsu makan.

Kecemasan yang Berlebihan
Anak pada usai batita kerap mengalami kecemasan yang berlebihan terutama ketika mereka berpisah dari orang tuanya yang akan membuat batita tersebut memiliki pikiran negatif terhadap apa yang akan terjadi kepada orang tuanya. Kemudian karena anak mengalami cemas terhadap lingkungannya yang baru, atau ketika anak baru pertama kali masuk sekolah. Rasa gelisah akan menyertai rasa cemas yang berlebihan tersebut.
Selain itu, rasa cemas juga biasanya disertai oleh keringat yang dingin, rasa yang berdebar-debar serta kesulitan untuk tidur. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi terhadap nafsu makan pada anak yang berubah menjadi lebih buruk.

Hubungan yang Tidak Baik dengan Orang Tua
Perlu Anda perhatikan jika anak Anda tiba-tiba tidak mau untuk makan, padahal kondisi fisiknya sangat baik. Hal ini bisa jadi sebagai bentuk penolakannya dengan tidak langsung terhadap keadaan Anda sebagai orang tua. Anak bisa mengalami kesulitan untuk makan jika mendapatkan perilaku yang kurang menyenangkan atau mendapatkan paksaan untuk makan dari Anda sebagai orang tua, hal ini sangat berhubungan dengan pola asuh dari orang tua kepada anaknya.

Selanjutnya anak susah makan bisa dikarenakan Anda sebagai orang tua kurang perhatian dalam memberikan makanan terkait dengan variasi serta kreasi dalam penyajiannya. Sehingga anak akan menjadi pilih-pilih makan atau picky eater yang akhirnya anak menjadi sulit diajak makan. Biasakan makan bersama dengan anak dan jaga kebersamaan Anda dengan anak agar terjalin suasana yang menyenangkan.
Itulah kondisi psikis yang bisa membuat menurunnya nafsu makan anak. Untuk penyelesaiannya Anda bisa melakukan pendekatan kepada anak agar anak merasakan nyaman serta aman berada di samping Anda. Dan mulailah memberikan variasi pada makanan yang akan diberikan kepada anak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Penambah Nafsu Makan Anak

Resep Kunyit Sebagai Penambah Nafsu Makan Anak

Saat ini memang ada cukup banyak resep atau ramuan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menambah nafsu makan untuk anak. Ramuan herbal tersebut merupakan kunyit yang memiliki efek farmakologi dan bagus untuk kesehatan Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Cara Alami Meningkatkan Nafsu Makan Anak & Berat Badannya

Nafsu makan dari anak setiap harinya berbeda-beda dan setiap anak juga memiliki nafsu makan yang berbeda. Berat badan juga termasuk salah satu parameter untuk mengetahui pertumbuhan anak selain faktor tinggi badan. Tumbuh kembang pada anak Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Tips Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Menurun Menurut Psikologis

Nafsu makan anak yang menurut kerap membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir karena takut anak tidak akan menerima asupan gizi secara penuh. Terlebih lagi Anda takut jika anak akan terhambat pertumbuhan serta perkembangannya. Yang Read more…

%d bloggers like this: