Nafsu makan anak ketika usia 6 bulan biasanya belum bagus, karena mereka selama ini hanya mengenal ASI sebagai makanan utamanya saja. Saat anak memasuki 6 bulan pertama nya setelah lahir, tentu saja akan membuat Anda sebagai orang tua menjadi sibuk untuk mengumpulkan beberapa resep Makanan Pendamping ASI atau yang biasa disebut dengan MPASI yang bergizi sebagai pemenuh kebutuhan akan nutrisi nya.
Anda tidak cukup hanya dengan mengumpulkan berbagai macam resep MPASI saja, tetapi Anda juga harus mencari tahu seperti apa detail penyajian MPASI agar anak Anda bisa cepat dalam beradaptasi terhadap sajian MPASI serta nafsu makan menjadi meningkat. Oleh karena itu, ikuti cara penyajian MPASI berikut ini untuk meningkatkan nafsu makan si kecil yang baru mengenal makanan.

Cara Penyajian MPASI Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Perhatikan Tekstur Menu MPASI Anak
Perlu Anda ketahui jika naka Anda yang baru menginjak usia 6 bulan membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan tekstur serta bentuk makanan yang dapat mereka konsumsi. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tekstur dari makanan dengan usai anak. Hal ini sangat penting agar nafsu makan anak menjadi meningkat. Pada awal pemberian MPASI Anda tidak boleh memberikan makanan dengan tekstur yang kasar.

Buatlah menu MPASI dengan tekstur yang lembut serta halus dalam penyajiannya. Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan sesuai pertambahan usia anak Anda.

Panduan Menyajikan MPASI Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Penyajian MPASI Usia 6-7 Bulan
Perlu Anda ketahui bahwa pemberian MPASI bisa membuat rangsangan untuk tumbuhnya gigi anak serta dapat melatih kemampuan motorik nya yaitu saat anak mencoba memegang makanannya sendiri. Oleh karena itu, penyajian MPASI pada tahap ini adalah dengan tekstur yang lunak serta cair misalnya bubur susu serta biskuit bayi. Anda bisa membuat bubur susu dari tepung beras bercampur ASI. Kemudian ganti tepung beras dengan tepung beras merah, labu kuning, atau tepung kacang hijau.

Berilah MPASI pada anak dengan porsi yang sedikit, baru kemudian bertahap Anda berikan dalam porsi yang sedikit lebih banyak dengan tekstur MPASI yang sedikit lebih kental. Usahakan mengenalkan MPASI dengan 1 menu, jangan mencampurnya.
Hal ini bertujuan sebagai pengenalan anak terhadap makanan serta untuk mengetahui apakah ada alergi atau tidak. Selanjutnya, Anda bisa memberinya buah seperti pisang, labu, serta pepaya. Berikan 2 sampi 3 hari hingga anak mengenal rasanya.

Kemudian , Anda bisa memberinya satu kali buah yang dilumatkan serta satu kali makan bubur susu. Pada usia 7 bulan, Anda sudah bisa memberinya bubur saring. Pilih makanan dengan sumber karbohidrat yang dilengkapi dengan protein nabati atau hewani serta sayuran.
Semua bahan dicampur dan di blender, kemudian saring. Berikan secara bertahap pada anak. Dengan begitu nafsu makan pada anak akan terjaga dan meningkat.

Penyajian MPASI Usia 8-9 Bulan
Ketika memasuki usia 8 bulan, maka pencernaan anak sudah mulai kuat sehingga dapat dikenalkan dengan makanan yang bertekstur lebih padat. Berikan bubur dengan porsi sedikit lebih banyak dalam sekali makan. Kemudian kenalkan makanan selingan misalnya bubur kacang hijau, puding dari buah dan susu, biskuit bayi, dan lain sebagainya. Secara bertahap Anda bisa menambahkan kandungan gizi pada bubur dengan lemak.

Misalnya santan, minyak kelapa, atau margarin karena dengan menambahkan sedikit lemak akan menambah kalori pada MPASI serta memberikan rasa gurih pada MPASI.

Penyajian MPASI Usia 10-12 Bulan
Pada usia ini, Anda sudah bisa mengenalkan nasi tim pada anak karena sistem pencernaan nya telah siap menerima makanan semi padat. Untuk bentuk serat kepadatan dari nasi tim diatur dengan bertahap mendekati tekstur makanan yang biasa dikonsumsi keluarga. Anda sudah bisa menambahkan bumbu alami pada nasi tim serta mulai kenalkan berbagai jenis makanan pada anak, dengan begitu nafsu makan anak menjadi meningkat.
Itulah pedoman penyajian MPASI untuk meningkatkan nafsu makan anak. Anda tidak perlu terburu-buru mengenalkan berbagai jenis makanan pada MPASI pertama nya, lakukan secara bertahap.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Penambah Nafsu Makan Anak

Resep Kunyit Sebagai Penambah Nafsu Makan Anak

Saat ini memang ada cukup banyak resep atau ramuan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menambah nafsu makan untuk anak. Ramuan herbal tersebut merupakan kunyit yang memiliki efek farmakologi dan bagus untuk kesehatan Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Cara Alami Meningkatkan Nafsu Makan Anak & Berat Badannya

Nafsu makan dari anak setiap harinya berbeda-beda dan setiap anak juga memiliki nafsu makan yang berbeda. Berat badan juga termasuk salah satu parameter untuk mengetahui pertumbuhan anak selain faktor tinggi badan. Tumbuh kembang pada anak Read more…

Penambah Nafsu Makan Anak

Tips Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Menurun Menurut Psikologis

Nafsu makan anak yang menurut kerap membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir karena takut anak tidak akan menerima asupan gizi secara penuh. Terlebih lagi Anda takut jika anak akan terhambat pertumbuhan serta perkembangannya. Yang Read more…

%d bloggers like this: