Orangtua selalu bertanya-tanya, kapan saat yang tepat memberikan vitamin anak. Penting diketahui bahwasanya ada beberapa jenis suplemen makanan tambahan yang kemudian dikenal sebagai vitamin. Pemberian vitamin pada anak haruslah dengan bijak dan tidak sembarangan. Tidak semua jenis vitamin akan dibutuhkan oleh tubuh anak dan orangtua wajib tahu hal ini.

Vitamin, protein dan mineral memang sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi konsumsinya juga harus diperhatikan, tidak selamanya tubuh akan memerlukan tambahan nutrisi. Vitamin memang penting, namun konsumsinya yang sesuai kebutuhan akan lebih bermanfaat. Lantas kapankah saat yang tepat memberikan suplemen vitamin untuk anak?

ibu memberi anak vitamin

Saat-Saat yang Tepat Memberikan Suplemen Vitamin

Bayi kekurangan asupan ASI

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Barulah setelah 6 bulan usianya, bayi diberikan makanan pendamping ASI. Apabila bayi dengan mudah menikmati pemberian MP ASI sekaligus terus mendapatkan asupan ASI, maka suplemen vitamin tidaklah diperlukan.

Akan tetapi jika yang terjadi adalah bayi susah makan, hanya mau makanan tertentu saja atau hanya mau minum ASI saja, maka suplemen vitamin memang seharusnya diberikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Terutama untuk suplemen vitamin yang mengandung zat besi tinggi.

Anak kurang makan sayur atau buah

Pada anak yang sudah beranjak besar, apabila anak bisa makan dengan baik dalam hal jumlah maupun jenisnya, maka anak tidak perlu tambahan nutrisi dari suplemen vitamin. Yang perlu diperhatikan adalah ketika anak kurang tertarik makan sayur atau buah, hanya mau makan nasi dengan lauk saja misalnya. Saat inilah, penggunaan suplemen vitamin bisa saja diperlukan.

Seperti yang kita tahu, buah dan sayur adalah sumber vitamin. Jadi kebutuhan vitaminnya dapat tercukupi dari pemberian suplemen vitamin. Akan lebih baik jika suplemen vitamin tersebut juga mengandung ekstrak buah dan sayur, dimana pasti ada kandungan serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan anak.

Anak kurang nutrisi

Bagaimana cara untuk mengetahui anak sudah mendapat nutrisi dalam jumlah yang cukup? Hal tersebut terlihat dari ciri-ciri fisiknya. Pantau selalu tumbuh kembang anak dengan mengukur tinggi badan dan menimbang berat badannya. Jika masih berada pada batas normal anak-anak seusianya, berarti ia sudah cukup mendapat nutrisi.

Namun jika tinggi dan berat badannya di bawah normal, maka asupan nutrisinya juga harus ditambah. Tujuannya untuk mencegah terjadinya malnutrisi. Inilah saat yang tepat untuk memberikan suplemen vitamin. Kekurangan nutrisi juga sering terjadi saat anak masih dalam masa penyembuhan dari sakit.

Anak susah makan

Meski susah makan adalah masalah wajar dan normal pada masa pertumbuhan anak, namun bukan berarti dibiarkan terus menerus. Karena ini juga akan berpotensi mengganggu kesehatannya. Saat inilah Anda bisa menyiasati dengan pemberian suplemen vitamin. Selain untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, vitamin yang mengandung zat lysin dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Saat memasuki masa pubertas

Fase remaja yang ditandai dengan pubertas adalah fase lanjutan dari usia anak-anak. Kebutuhan nutrisinya pun tidak lagi sama seperti sebelumnya. Dalam masa inilah, diperlukan asupan nutrisi tambahan untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Suplemen vitamin anak yang mengandung zat besi dan kalsium adalah yang sangat dibutuhkan dalam masa-masa ini.

Itulah ketentuan waktu yang tepat untuk memberikan suplemen bagi anak. Sebagai orang tua memang harus selalu memperhatikan setiap proses perkembangan anak dan apa yang diperlukan untuk tubuh mereka. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu kuatir lagi karena anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Categories: Vitamin Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Vitamin Anak

Sederet Mitos dan Fakta Mengenai Vitamin untuk Anak

Pada umumnya, suplemen vitamin dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu, semisal saat merasakan gejala sakit, selama masa penyembuhan, memulihkan kondisi kulit dan sebagainya. Sekarang, vitamin bukan hanya untuk orang dewasa saja. Vitamin anak pun sudah banyak yang Read more…

Vitamin Anak

Tips Pemberian Suplemen Vitamin Anak

Banyak orangtua yang memprioritaskan kebutuhan nutrisi anak-anak mereka di atas segala hal. Tak heran jika mereka cenderung selalu berusaha memberikan asupan nutrisi lengkap untuk anak-anak mereka. Meski begitu, terkadang masih ada yang tetap memberikan vitamin Read more…

Vitamin Anak

Manfaat Pemberian Suplemen Vitamin Anak

Suplemen vitamin anak yang dapat kita jumpai di toko obat maupun supermarket ada berbagai jenis. Masing-masing menawarkan kelebihannya tersendiri. Ada yang mengandung DHA dan EPA, ada yang kandungan mikronutriennya paling lengkap, ada yang rasanya enak, Read more…

%d bloggers like this: