Pada umumnya, suplemen vitamin dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu, semisal saat merasakan gejala sakit, selama masa penyembuhan, memulihkan kondisi kulit dan sebagainya. Sekarang, vitamin bukan hanya untuk orang dewasa saja. Vitamin anak pun sudah banyak yang tersedia di pasaran. Namun, mitos dan fakta mengenai vitamin masih cukup membayangi kita.

Mitos dan fakta mengenai vitamin anak banyak beredar membuat kita kebingungan. Seberapa pentingnya keberadaan suplemen vitamin, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara tepat untuk memberikannya pada anak. Mari kita ulas satu persatu mitos dan faktanya.

Sederet Mitos dan Fakta Mengenai Vitamin untuk Anak

1. Anak harus minum vitamin

Mitos jika Anda sudah memberikan asupan nutrisi yang cukup berupa makanan sehat dan bergizi seimbang kepada si kecil, sehingga ia tidak lagi membutuhkan suplemen vitamin tambahan. Namun, apabila si kecil susah makan, suka pilih-pilih makanan dan gemar menyantap jajanan yang kurang sehat, maka pemberian suplemen vitamin untuk si kecil dapat membantu memenuhi kebutuhan gizinya.

2. Tidak perlu anjuran dokter terlebih dahulu

Ini adalah mitos. Meski suplemen vitamin banyak dijumpai di pasaran, namun Anda tetap perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikannya pada si kecil. Vitamin apa saja, termasuk vitamin anak, tidak jauh beda seperti obat dimana konsumsinya tidak boleh berlebihan dan harus tepat sasaran, atau sesuai dengan indikasi.

Sementara itu hanya dokter lah yang paling mengetahui kondisi tubuh anak sedang kekurangan vitamin apa. Barulah dokter akan merekomendasikannya untuk Anda berikan pada si kecil.

3. Terlalu banyak vitamin, berbahaya

Hal ini merupakan fakta. Saat ini, suplemen vitamin untuk anak banyak yang tersedia dalam bentuk yang unik dan rasa yang enak serta beragam, hal ini yang sering membuat anak-anak sering memakannya diam-diam tanpa sepengetahuan Anda. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi vitamin justru akan berakibat fatal.

Kasus yang sering terjadi akibat berlebihan dalam mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin adalah mual dan muntah bahkan keracunan, terutama jika suplemen tersebut mengandung zat besi yang cukup tinggi. Selain itu, kebanyakan suplemen vitamin yang ada saat ini mengandung gula, perasa dan pengawet buatan, jika terus menerus dikonsumsi akan berpotensi mengganggu kesehatan.

4. Banyak vitamin membuat anak jadi gemuk

Tentu saja ini adalah salah alias mitos. Vitamin tidak menyebabkan kegemukan pada anak. Anak mengalami kelebihan berat badan adalah karena asupan lemak yang berlebih tanpa dibarengi dengan aktivitas fisik. Namun, kandungan gula yang terdapat dalam suplemen vitamin juga berpotensi menyebabkan kegemukan.

5. Suplemen vitamin dewasa tidak boleh untuk anak-anak

Jawabannya adalah benar, atau fakta. Suplemen vitamin anak memang haruslah berbeda dari vitamin yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Hal ini disebabkan kebutuhan akan kadar vitamin dan mineral pada masing-masing usia berbeda, pria dan wanita pun bisa jadi berbeda.

6. Suplemen vitamin mempercepat masa penyembuhan

Ketika dalam kondisi sakit, anak-anak akan cenderung rewel dan susah makan. Hal ini yang dapat membuatnya kekurangan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya. Padahal nutrisi-nutrisi tersebut juga penting untuk daya tahan tubuh dan metabolismenya. Oleh sebab itu, pemberian vitamin anak bisa menjadi alternatif termudah untuk membantu masa penyembuhan dari penyakit.

Apapun jenis vitamin yang Anda pilihkan untuk si kecil, akan lebih baik jika Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan pilih berdasarkan manfaatnya, bukan harga, rasa maupun bentuknya.

Categories: Vitamin Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Vitamin Anak

Kapan Saat yang Tepat Memberikan Suplemen Vitamin Anak

Orangtua selalu bertanya-tanya, kapan saat yang tepat memberikan vitamin anak. Penting diketahui bahwasanya ada beberapa jenis suplemen makanan tambahan yang kemudian dikenal sebagai vitamin. Pemberian vitamin pada anak haruslah dengan bijak dan tidak sembarangan. Tidak Read more…

Vitamin Anak

Tips Pemberian Suplemen Vitamin Anak

Banyak orangtua yang memprioritaskan kebutuhan nutrisi anak-anak mereka di atas segala hal. Tak heran jika mereka cenderung selalu berusaha memberikan asupan nutrisi lengkap untuk anak-anak mereka. Meski begitu, terkadang masih ada yang tetap memberikan vitamin Read more…

Vitamin Anak

Manfaat Pemberian Suplemen Vitamin Anak

Suplemen vitamin anak yang dapat kita jumpai di toko obat maupun supermarket ada berbagai jenis. Masing-masing menawarkan kelebihannya tersendiri. Ada yang mengandung DHA dan EPA, ada yang kandungan mikronutriennya paling lengkap, ada yang rasanya enak, Read more…

%d bloggers like this: